Kamis 19 Mei 2022, 14:42 WIB

Unnes dan Turnitin Kerja Sama Tingkatkan Integritas Akademik

mediaindonesia.com | Humaniora
Unnes dan Turnitin Kerja Sama Tingkatkan Integritas Akademik

Ist/edukasystem.
Kampus Universitas Negeri Semarang.

 

SEBAGAI bagian dari inisiatif untuk memperkuat Zona Integritas dalam hal ini integritas akademik di lingkungan kampus, Universitas Negeri Semarang (Unnes) bermitra dengan penyedia teknologi pendidikan global, Turnitin, untuk mendukung serta memberikan solusi dalam mewujudkan integritas dan penilaian akademik.

Kemitraan ini semakin diperkuat setelah adopsi Turnitin Feedback Studio di seluruh universitas oleh Unnes pada bulan Januari lalu.

Unnes pertama kali mulai menggunakan Feedback Studio pada tahun 2019 untuk menegakkan integritas akademik dalam pengoperasian kelas sehari-hari dan untuk memperbaiki tugas kuliah yang dikirimkan secara online.

Feedback Studio membantu siswa memperkuat keterampilan menulis mereka melalui umpan balik yang dipersonalisasi dan dapat ditindaklanjuti selama proses penulisan.

Feedback Studio juga membantu mahasiswa untuk memeriksa kesamaan teks dalam tugas menulisnya dan sekaligus memberikan panduan tata bahasa.

Di samping itu, fakultas yang berada di lingkungan Unnes menggunakan Feedback Studio untuk menyederhanakan alur kerja dan memberikan umpan balik berdasarkan data yang dapat ditindaklanjuti bagi mahasiswa untuk memungkinkan pembelajaran otentik.

Baca juga: UP dan UNS Kerja Sama Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

Alat ini berfungsi di semua jenis kelas baik itu secara langsung, jarak jauh, dan hybrid, alat ini membantu menegakkan integritas akademik, dan mendorong pemikiran asli bagi mahasiswa. 

Adopsi Feedback Studio di seluruh universitas adalah bagian dari inisiatif Unnes untuk mewujudkan Zona Integritas yang pada saat itu sedang berlangsung dan sedang diupayakan, dengan tegaknya Zona Integritas akan membantu meningkatkan integritas akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Inisiatif ini juga sejalan dengan semangat Pemerintah untuk menegakkan Zona Integritas dan digunakan sebagai model untuk strategi integritas akademik di masa depan di seluruh universitas di Indonesia.

“Kami merasa bangga dapat membantu lebih banyak lagi siswa dan pendidik di Indonesia melalui proses akademis mereka,” kata Yovita Marlina, Senior Manager of Customer Growth untuk Turnitin wilayah Asia Tenggara dalam keterangan pers, Kamis (19/5).

“Kami berharap dapat memperluas kerjasama kami dengan Universitas Negeri Semarang dalam menyediakan layanan yang dapat diandalkan. Teknologi pendidikan yang mendukung tegaknya budaya integritas dan akuntabilitas,” jelas Yovita.

“Untuk menyelaraskan upaya kami dengan agenda Nasional yaitu meningkatkan integritas akademik, kami bermitra dengan Turnitin untuk memastikan bahwa integritas adalah inti dari pendidikan di Universitas Negeri Semarang,” kata Dr. Vitradesie Noekent, Kepala Divisi Kampus Cerdas Digital Universitas Negeri Semarang.

"Turnitin Feedback Studio membantu kami membangun Zona Integritas yang kuat di dalam Universitas," jelasnya.

"Turnitin Feedback Studio memiliki fitur solusi yang membantu kami mengatur diri sendiri dan memeriksa standar akademik tertinggi, kami dapat dengan percaya diri mendukung siswa kami untuk menjadi warga negara yang berintegritas," tambah Vitradesie. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/PATRICK HERTZOG

Kembangkan Obat Kanker, Peneliti BRIN Desain Nano Partikel NLCs

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 17:15 WIB
BRIN berusaha mendesain nano partikel yang dapat meningkatkan bioavailabilitas obat anti kanker yang umumnya mengandung...
ANTARA/ Fakhri Hermansyah

Mensos Beri Bantuan Jemaat Penyandang Disabilitas HKBP Rawalumbu

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:45 WIB
Bantuan yang diserahkan berupa alat kursi roda elektrik, alat bantu dengar, kursi roda adaptif, tongkat tuna netra, kaki tangan palsu,...
Antara

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Tempat Wisata dari Menparekraf

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:19 WIB
Dirinya mengingatkan masyarakat yang akan berlibur pada momentum libur sekolah, tetap menjaga kewaspadaan terhadap pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya