Jumat 22 April 2022, 18:00 WIB

Kesehatan Lingkungan Pengaruhi Tingkat Kesehatan Masyarakat

Gana Buana | Humaniora
Kesehatan Lingkungan Pengaruhi Tingkat Kesehatan Masyarakat

DOK IST
Diskusi seputar kesehatan lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat.

 

KAO Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan untuk tingkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat. Kolaborasi ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan serta secara berkelanjutan berkontribusi dengan berfokus pada promosi kesehatan dan lingkungan. 

Senior Manager Corporate Communications Kao Indonesia Wisik Restu mengampaikan, Kao Indonesia secara aktif dan berkelanjutan, berupaya untuk terus melakukan kontribusi sosial melalui edukasi yang berfokus pada promosi kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini tentu saja bisa terlaksana dengan dukungan dari sisi Pemerintah dan kolaborasi dengan komunitas yang berbasis masyarakat.

“Kao Indonesia sebagai produsen kebutuhan sehari-hari berkomitmen untuk secara berkelanjutan berkontribusi nyata dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui berbagai kegiatan edukasi promosi kesehatan dan lingkungan. Salah satunya melalui kegiatan sharing session #AkudanKaoPeduliBumi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mulai melakukan aksi nyata terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan yang dimulai dari diri sendiri, dari saat ini dan dalam keseharian,” ungkap Wisik Restu dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/4).

Ia menjelaskan, Kao Indonesia juga selalu memperhatikan dampak lingkungan dalam semua aktivitas bisnis dari hulu ke hilir dan juga edukasi langsung kepada masyarakat. Tentu saja hal ini menjadi suatu hal pembelajaran yang akan terus kita lakukan dan kembangkan kedepannya. 

Pihaknya memiliki Strategi ESG atau Environmental, Social, Governance yang secara lokal diimplementasi dalam payung tema Inovasi Untuk Peduli. Hal ini menjadi landasan atas semua inovasi yang dilakukan oleh Kao Indonesia dalam produk dan layanan yang selalu didasarkan pada kepedulian terhadap peningkatan kualitas hidup konsumen. 

“Dengan dukungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kegiatan ini dilakukan selaras dengan tujuan besar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan harapan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat mengubah kebiasaan untuk hidup yang lebih sehat dan bersih, salah satunya dapat dimulai dengan menjaga kesehatan lingkungan melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjadi panduan praktis di masyarakat,” lanjut dia.

Baca juga: Purwakarta Bertekad Tingkatkan Cakupan Kesehatan Semesta untuk Seluruh Warganya

Direktur Penyehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Anas Ma’ruf, MKM mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif Kao Indonesia yang telah berupaya memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya promosi kesehatan lingkungan yang langsung melibatkan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan, dimana perilaku masyarakat merupakan salah satu faktor utama dan kunci untuk memperbaiki masalah kesehatan dan lingkungan. 

“Program air bersih dan sanitasi dilakukan melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilakukan sebagai pendekatan efektif untuk dapat mengedukasi hal tersebut. Tentunya dengan kolaborasi dan kemitraan Pentahelix dari sisi Pemerintah, Private Sector, Komunitas, dan Masyarakat, dapat menjadi harapan bersama dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” kata dia.

Menurut dia, kolaborasi semua pihak, salah satunya tokoh masyarakat, penggiat dan komunitas lingkungan juga tidak kalah penting dalam menyukseskan lima pilar dalam STBM. Sebab, penggiat dan komunitaslah yang secara langsung terjun dan berada di tengah masyarakat.

Penggiat Lingkungan dan Pendiri Komunitas MATPECI Usman Firdaus menyampaikan, MATPECI berfokus kepada kebersihan aliran sungai Ciliwung, yang merupakan salah satu sungai terpenting di tatar pasundan dan melintasi ibu kota Jakarta. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh MATPECI sangat aktif, berbasis masyarakat dan melibatkan komunitas mikro seperti karang taruna, RT/RW, Posyandu, dan PKK.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung selalu berbasis relawan, karang taruna dan masyarakat. Berbagai kegiatan kita lakukan di sepanjang aliran sungai Ciliwung khususnya antara lain kegiatan susur sungai, membersihkan bantaran sungai, penanaman pohon serta sebar bibit ikan. Kami juga secara aktif mengembangkan kegiatan Ekoeduwisata untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan masyarakat kepada lingkungan khususnya di aliran sungai Ciliwung yang berperan penting untuk mencegah terjadinya banjir,” tambah dia.

Oleh karena itu, dirinya mengaku senang dan berharap untuk terus dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait promosi kesehatan lingkungan ini. Ia juga mengajak masyarakat untuk mulai peduli  lingkungan dari hal sederhana seperti melakukan pilah sampah dari rumah, tidak membuang sampah ke sungai, dan jangan merusak pohon. (R-3)

Baca Juga

DOK/HUMAS PT POS INDONESIA

Menteri BUMN Mengungkap Visi untuk Kota Tua

👤Naviandri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:30 WIB
Erick ingin Kota Tua juga mengalami transformasi serupa seperti...
HO

Pemerintah Ajak Masyarakat Cegah Ekstremisme di Media Sosial

👤Widhoroso 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:27 WIB
PADA era teknologi digital, penyebaran informasi berlangsung begitu cepat dan tanpa batas berkat keberadaan internet. Seluruh kalangan di...
MI/Susanto.

Hanya Dewan Pers yang Lakukan Sertifikasi Wartawan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:18 WIB
Anggota Dewan Pers Ninik Rahayu menegaskan sertifikasi insan pers hanya bisa dilakukan oleh Dewan Pers. Hal ini merujuk pada Undang-Undang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya