Minggu 17 April 2022, 22:38 WIB

Menko PMK: Jangan Coba-coba Ambil Jatah Bansos Orang Tak Mampu

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Menko PMK: Jangan Coba-coba Ambil Jatah Bansos Orang Tak Mampu

Antara
Bansos

 

MASYARAKAT yang mampu diminta tidak mengambil hak sesama berupa bantuan sosial (bansos). Sebab, bantuan itu ditujukan bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

“Jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4).

Muhadjir mengatakan mengambil hak sesama tidak dibenarkan ajaran agama. Tindakan egois itu juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Muhadjir menyebut pemerintah sudah mendata target penerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dan bantuan pangan nontunai (BPNT). Data tersebut diharapkan meminimalkan praktik lancung oleh oknum yang mengambil keuntungan.

“Misalnya mengeklaim bahwa dia yang mengusahakan turunnya bansos kemudian minta bagian dari yang diterima warga,” ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng untuk masyarakat. Program ini jadi respons atas tingginya harga minyak goreng yang disebabkan lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

"Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng," ujar Jokowi.

Program BLT minyak goreng akan diberikan kepada lebih 20 juta kepala keluarga di seluruh Indonesia. Meliputi masyarakat tidak mampu dan penerima program bantuan-bantuan dari pemerintah.

"Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan," ungkapnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

54 Perguruan Tinggi Siap Bersaing di Kontes Robot Indonesia 2022

👤Renatha Swasty 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:05 WIB
KONTES Robot Indonesia (KRI) 2022 tingkat nasional resmi digelar luring setelah dua tahun dilaksanakan daring akibat pandemi...
MI/Susanto

Apresiasi Tim Kesehatan, Jemaah Rasakan Layanan Terbaik di Klinik Haji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:45 WIB
Apresiasi seluruh layanan kesehatan ter-cover dengan sangat baik. Para jemaah selaku pasien merasakan keramahan dan layanan terbaik di...
Antara

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Mantapkan Manasik Setiap Hari

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:05 WIB
Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, pemeritah Indonesia memberikan perhatian khusus terkait dengan manasik dan bimbingan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya