Rabu 23 Maret 2022, 19:21 WIB

Pemerintah Targetkan Dana Abadi Kebudayaan Sebesar Rp5 Triliun

Faustinus Nua | Humaniora
Pemerintah Targetkan Dana Abadi Kebudayaan Sebesar Rp5 Triliun

MI/Susanto
Penari menarikan Tari Lengger untuk menghibur masyarakat di Pendopo Kecamatan Banyumas, Jawa Tengah.

 

PEMERINTAH menargetkan dana abadi untuk bidang kebudayaan mencapai Rp5 triliun. Saat ini, sudah ada Rp3 triliun yang dialokasikan pada 2020 dan 2021 lewat BLU LPDP.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Ini baru terbentuk di tahun 2020. Kemenkeu mulai mengalokasikan Rp1 triliun," ujar Ani, sapaan akrabnya, Rabu (23/3). 

"Waktu itu celengan belum ada, kita titipkan celengan besar LPDP. Tahun 2021, kami masuki lagi Rp2 triliun. Jadi total Rp3 triliun," imbuhnya.

Baca juga: Mendikbud-Ristek dan Menkeu Luncurkan Dana Abadi Kebudayaan

Dia menyebut dana abadi di bidang kebudayaan merupakan harapan Presiden Joko Widodo. Sejak 2017, Presiden sudah menyampaikan keinginan untuk membentuk dana abadi kebudayaan minimal Rp5 triliun.

Kemenkeu bersama Kemendikbudristek pun membentuk Dana Indonesia sebagai wadah atau celengan dana abadi kebudayaan. Sehingga, anggaran APBN yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk pemajuan kebudayaan, serta mendukung pelaku budaya di Tanah Air.

"Dengan terbentuknya Dana Indonesia, kita akan mampu memenuhi janji Bapak Presiden Rp5 triliun. Tahun depan, diharapakan diisi lagi, sehingga mencapai Rp5 triliun," papar Ani.

Baca juga: Presiden Jokowi Hapus Aturan Karantina bagi PPLN

Sesuai amanat undang-undang, lanjut dia, 20% anggaran pendidikan harus dialokasikan. Anggaran itu mencakup riset, teknologi dan kebuyaan. Namun, dalam implementasinya anggaran itu tidak semuanya diserap.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menambahkan bahwa Dana Indonesia merupakan dukungan pemerintah untuk memulihkan sektor kebudayaan di tengah pandemi covid-19. Pemerintah mendorong pemajuan kebudayaan dengan dukungan dana abadi, yang sifatnya lebih stabil dan berkelanjutan.

"Kegiatan pemajuan kebudayaan yang sejatinya bersifat dinamis dan lintas tahun, sekarang lebih fleksibel didanai pemerintah," tutur Nadiem.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. Dyandra Promosindo

Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Lompatan Kemajuan Pendidikan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:50 WIB
platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan di Indonesia saat ini adalah Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, ARKAS, SIPLah,...
Ist/DPR

Peringati Hari Pemuda Internasional, DPR Serukan Pesan Solidaritas Antargenerasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:56 WIB
Generasi Milenial maupun Z, memiliki peran masing-masing sesuai sektornya yang tentu berkontribusi besar bagi kemajuan negara dan...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Gayo Lues

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:06 WIB
Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penanganan tim medis di lapangan, kondisi Harimau Sumatra ini mengalami infeksi luka dan perlu dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya