Selasa 01 Maret 2022, 16:51 WIB

BRIN Persiapkan 25 Stasiun Riset Tersebar di Seluruh Indonesia

Mediaindonesia.com | Humaniora
BRIN Persiapkan 25 Stasiun Riset Tersebar di Seluruh Indonesia

Dok. RISTEKBRIN
Ilustrasi

 

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan 25 stasiun riset untuk pengelolaan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan dan bioprospeksi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kita merencanakan membangun atau mengembangkan stasiun riset ini yang setelah lima tahun diharapkan jadi swakelola berbasis collaborative management (manajemen kolaboratif) oleh para periset yang bisa jadi nantinya banyak diisi oleh mahasiswa dari universitas dan pihak lain yang terlibat di dalamnya," kata Kepala Pusat Riset Biologi BRIN Anang S Achmadi di Jakarta, Selasa (1/3).

Anang menuturkan rencana pengembangan stasiun riset di 25 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut masih dalam proses persiapan dan inisiasi kolaborasi dengan para pemangku kepentingan yang terdapat di masing-masing kandidat lokasi stasiun riset, dari mulai unit pelaksana teknis kementerian/lembaga, akademisi, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat maupun masyarakat.

Pembangunan stasiun riset riset tersebut ditargetkan terlaksana pada 2023 atau 2024, sebagai pengembangan dalam pengelolaan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan di masing-masing daerah, dan sebagai implementasi dalam menjawab tantangan akan critical mass terkait riset dan inovasi.

Saat ini, BRIN telah melakukan identifikasi kebutuhan topik riset terkait dengan keanekaragaman hayati di masing-masing calon lokasi stasiun riset, serta potensi untuk bioprospeksi maupun aspek lainnya untuk dipertajam dalam kegiatan riset selama lima tahun ke depan, yakni pada periode 2023-2027.

Anang mengatakan nantinya stasiun riset yang ada di tiap lokasi akan dibangun sesuai dengan karakter daerah yang tentunya berbeda satu sama lain tergantung pada potensi unggulan daerah masing-masing.

Untuk itu, BRIN sedang menggali informasi terkait potensi dan karakter dari tiap daerah calon lokasi stasiun riset dan mengidentifikasi potensi daerah yang bisa dikembangkan.

"Nantinya kita berharap besar adanya economical impact (dampak ekonomi) dari kegiatan yang kita lakukan," ujar Anang. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Frederic J BROWN

Penerima Vaksin Booster di Indonesia Baru Capai 50,8 Juta Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:10 WIB
Cakupan vaksinasi booster secara nasional baru mencapai 24%. Cakupan itu belum...
Dok.  Kemendikbudristek

Lestarikan Bahasa Daerah, Kemendikbudristek Lakukan Revitalisasi Bahasa

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 21:58 WIB
Pada tahun ini, jumlah bahasa daerah yang akan menjadi objek revitalisasi sebanyak 38 bahasa daerah yang tersebar di 12...
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Anies dan Ridwan Kamil Dorong Anak Muda Berpartisipasi di Forum G20

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 21:55 WIB
Y20 merupakan salah satu forum diskusi G20 untuk membahas isu-isu dari sudut pandang para anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya