Rabu 09 Februari 2022, 12:55 WIB

Mantan Menteri Pendidikan Nasional Yahya A. Muhaimin Wafat

Supardji Rasban | Humaniora
Mantan Menteri Pendidikan Nasional Yahya A. Muhaimin Wafat

MI/ M.Irfan
Mantan Mendiknas Yahya A Muhaimin (alm)

 

MANTAN Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada Kabinet Persatuan Nasional, Yahya A. Muhaimin, meninggal dunia. Menteri yang menjabat pada periode Oktober 1999 hingga Juli 2001 itu tutup usia hari ini  pada  pukul 10.30 WIB.
 
"Kami mengucapkan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya Prof Dr Yahya A. Muhaimin salah satu putra terbaik Universitas Gadjah Mada (UGM) dan bangsa Indonesia," ujar Rektor UGM, Panut Mulyono, kepada Medcom.id, Rabu, 9 Februari 2022.

Sebelum menjadi Mendiknas era Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu, Yahya sempat menjalankan studi di UGM pada 1971. Dia juga menyelesaikan gelar Doktor di Massachusetts Institute of Teknologi, Amerika Serikat, pada 1982.

Yahya juga menjadi dosen dan menjadi dekan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di UGM. Sosok Yahya terbilang kritis terhadap kekuasaan Orde Baru. Yahya yang lahir pada  17 Mei 1943 di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah ini juga sangat produktif dalam menuangkan pemikirannya dalam karya buku. Salah satu karyanya yakni Tiga Kota Satu Pengabdian yang mengisahkan bagaimana perjalanan Yahya mengabdikan diri untuk bangsa.

Karya skripsinya (S1) di UGM berjudul Perkembangan Militer dalam Politik di Indonesia 1945-1966 yang dia tulis dinobatkan sebagai salah satu skripsi terbaik di UGM. Skripsi yang ditulis tahun 1970 itu juga dibukukan oleh penerbit Gamapress dan menjadi rujukan mahasiswa S1 dan S2 dalam mempelajari peran militer dalam perpolitikan di Tanah Air.  

Panut mendoakan Yahya mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan. Serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.Bagi Panut, Yahya merupakan sosok intelektual muslim sederhana, humanis, dan dermawan. Yahya dikenal memiliki perhatian besar pada dunia pendidikan.

 "Kedermawanan dan kecintaannya pada pendidikan ditunjukkan dengan pendirian Perguruan Tinggi Islam di Bumiayu, Purwokerto, tempat kelahiran almarhum setelah pensiun," beber Panut. Selamat jalan Pak Yahya.(H-1)

Baca Juga

Antara

Laju Vaksinasi Covid-19 di Luar Jawa dan Bali Tergolong Rendah

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 23:13 WIB
Pasalnya, ada 11 provinsi di luar Jawa dan Bali yang capaiannya di bawah 50...
ourworldindata.org

Indonesia Catat Tambahan 1.614 Kasus Baru

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:30 WIB
KASUS Covid-19 di Indonesia kembali meningkat dalam beberapa hari...
DOK Perbanas Institute

Perbanas Institute Sediakan Rp2,5 Miliar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

👤Widhoroso 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:15 WIB
PERBANAS Institute Jakarta menyediakan beasiswa senilai Rp2,5 miliar untuk calon mahasiswa baru tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya