Minggu 23 Januari 2022, 17:45 WIB

Gelombang Kasus Covid-19 Diprediksi Hingga Maret, Epidemiolog: 3T Tetap Ditingkatkan 

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Gelombang Kasus Covid-19 Diprediksi Hingga Maret, Epidemiolog: 3T Tetap Ditingkatkan 

Antara/Fakhri Hermansyah
Tes PCR kepada pelajar dan guru di Jakarta

 

AHLI epidemiologi dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, meminta pemerintah pusat maupun daerah tak kendur dalam melakukan testing, tracing, treatment (3T) meski kasus sudah melandai. 

Hal itu dilakukan untuk mengendalikan lonjakan kasus covid-19 terutama terhadap meluasnya penularan varian baru omikron. Terlebih masih ada 30% sampai 40% warga belum mendapatkan vaksin menyeluruh. Selain itu, jumlah warga yang memiliki komorbid juga tinggi, sehingga warga ini masih memiliki risiko tinggi. 

Dicky menyebutkan, ada tingkat testing yang menurun membuat omikron lambat diidentifikasi dan terlanjur menyebar. Hal ini sebelumnya juga terjadi saat varian delta menyerang. 

"Bagaimanapun 3T kita terbatas dan lemah, sehingga kasus terjadi secara senyap sebagaimana Delta pada awalnya. Karena kekebalan tubuh itu bisa menurun. Baik dari vaksinasi maupun dari terinfeksi langsung, kekebalan itu bisa menurun dan risikonya naik lagi," ungkap Dicky saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (23/1). 

Baca juga : Vaksin Covid-19 Tunjukkan Kemanjuran Tinggi terhadap Infeksi Parah Omikron

Menurut dia, potensi lonjakan kasus gelombang berikutnya mungkin tidak setinggi gelombang kenaikan kasus pada tahun lalu, namun kenaikan kasus akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. 

"Jadi meski potensi gelombang 3 tidak sebesar dan selama gelombang 2, namun dampaknya akan sangat serius dalam jangka panjang," imbuhnya. 

Selain 3T, jagak jarak dan pembatasan kapasitas masih harus terus dilakukan. Dicky menambahkan, tak perlu sampai melakukan lockdown total. 

"Tidak perlu sampai lockdown tapi yang penting tempat-tempat tersebut seperti mall dan perkantoran itu patuh," tegasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Evermos Raih Internasional 3G Championship Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 05:59 WIB
Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya