Selasa 07 Desember 2021, 16:19 WIB

Mendagri akan undang Kepala Daerah Bahas Pembatalan PPKM Level 3

Putra Ananda | Humaniora
Mendagri akan undang Kepala Daerah Bahas Pembatalan PPKM Level 3

PUSPEN DAGRI
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan mengumpulkan para kepala daerah untuk membahas kebijakan pemerintah tentang pembatalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal 2021 dan TAhun Baru 2022. Rapat akan berlangsung besok.

"Akan ada rapat saya dengan kepala daerah di antaranya membahasa mengenai masalah antisipasi Nataru," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12).

Menurut Tito, jumlah kasus covid-19 di Tanah air yang semakin melandai menjadi pertimbangan pemerintah untuk membatalkan penerapan PPKM level 3. Jumlah kasus baru covid-19 jauh lebih kecil dibandingkan tahun lalu.

"Yang WHO (World Health Organization) level penyebaran covid-19 Indonesia low, enggak banyak negara yang rendah itu," ungkap Tito.

Baca juga: Pemerintah tak Gunakan Istilah PPKM Level 3 untuk Nataru

Selain kasusnya yang sudah melandai, capaian vaksin covid-19 di Tanah Air yang sudah tinggi juga menjadi pertimbangan pemerintah membatalkan PPKM level 3. Bahkan Tito mengklaim Indonesia telah mencapai herd immunity dari sembilan daerah aglomerasi.

"Kita kemungkinan sudah mencapai herd imunnity dari sembilan daerah aglomerasi," ungkapnya.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Tito menjelaskan pemerintah akhrinya memutuskan untuk membatalkan PPKM level 3 di seluruh daerah. Namun, pembatasan tersbeut akan disesuiakan dengan kondisi penyebaran covid-19.

"Level 3 itu pembatasannya sangat ketat, bahkan sangat-sangat ketat. Tidak semua daerah dan kita melihat indikator-indikator itu menunjukkan perbaikan," ujar Tito. (OL-4)

Baca Juga

Freepik

Kekurangan Vitamin D Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular dan Kanker

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:15 WIB
"Perbanyak juga kegiatan di luar ruangan dan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D seperti ikan-ikanan salmon, tuna, hati...
MI/RAMDANI

Omikron, Luhut : Jangan ke Luar Negeri Dulu Selama Tiga Pekan ke Depan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat Indonesia untuk tidak...
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bertolak ke Pandeglang, Wapres Tinjau Lokasi Terdampak Gempa

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:07 WIB
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dijadwalkan meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi di Pandeglang, Banten, Kamis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya