Senin 29 November 2021, 21:29 WIB

Uni Eropa Rangkul BRIN Perkuat Kerja Sama Riset

Mediaindonesia.com | Humaniora
Uni Eropa Rangkul BRIN Perkuat Kerja Sama Riset

MI/ M Irfan
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket

 

PERSATUAN Eropa atau Uni Eropa (UE) menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memperkuat kerja sama riset dan teknologi dengan Indonesia lewat penyelenggaraan webinar European Research Days (ERD) 2021 pada Senin (29/11). Rangkaian kegiatan ERD 2021 akan berlangsung 29 November-3 Desember 2021.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket, mengaku sangat senang menyambut para peneliti Indonesia di ERD Indonesia 2021. Ia berharap kegiatan ini dapat memberi informasi berkualitas tentang peluang kerja sama riset dan penelitian antara Indonesia dan Uni Eropa. Pasalnya, penelitian dan inovasi merupakan kegiatan global yang membutuhkan kerja sama internasional antarinstitusi.

"Saya yakin, baik Indonesia dan Eropa akan memperoleh manfaat yang baik dari partisipasi para peneliti Indonesia dalam program riset di Uni Eropa yang akan disajikan dalam seminar hari ini,” ujarnya. 

Piket mengatakan, saat ini dunia global dihadapkan dengan beragam isu dan permasalahan. Mulai dari pandemi covid-19, perubahan iklim ekstrem, hingga transisi menuju energi terbarukan. Sederet isu dan permasalahan ini tak bisa ditangani sendirian, melainkan butuh kerja sama lintas pihak.

"Banyak sekali contoh persoalan di dunia yang berdampak pada kita semua, seperti perubahan iklim, pandemi Covid-19 dan masih banyak lagi. Permasalahan tersebut tidak memandang batas negara, persoalan yang kita hadapi sifatnya global dan harus dipecahkan secara global juga,"tandasnya.

"Oleh karena itu kami mengalokasikasn 1.4 miliar Euro untuk aksi global. 1 miliar Euro berasal dari program penelitian Horizon 2020 Uni Eropa. Dana ini digunakan untuk mendukung pengembangan vaksin, pengobatan baru dan peralatan diagnostik," sambung Piket.

Ia menambahkan, peneliti Indonesia memiliki rekam jejak baik terkait kolaborasi penelitian dengan Eropa. Ia menyebutkan, dari 204 peneliti indonesia dalam program Horizon Europe, sebanyak 28 proyek sudah disepakati mendapat pendanaan. "Ini adalah suatu tingkat kesuksesan sangat baik, yakni 14 persen," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Edy Giri Rachman Putra menyampaikan, lembaganya bertanggung jawab untuk menciptakan ekosistem penelitian dan inovasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. BRIN juga siap menjadi pusat inovasi bagi semua pemangku kepentingan yang ada di Indonesia.

“Saya berharap kegiatan ini memberi peluang, tidak hanya bagi mahasiswa atau profesor, tetapi juga bermanfaat bagi industri untuk terus mengembangan penelitian dan inovasi yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara Indonesia dengan Eropa yang mampu mempercepat pengembangan pengetahuan di Indonesia dan dunia,” tandasnya. (OL-8)

 

 

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Mitigasi Bencana, Menko PMK Lakukan Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove di 34 Provinsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:37 WIB
Adapun aksi penanaman mangrove pada GPDRR 2022 merupakan momentum dukungan PBB terhadap komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana...
Dok. Kemenparekraf

Perkuat Kampanye Sadar Wisata, Kemenparekraf Gelar Training of Trainer untuk Desa Wisata

👤Meediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:22 WIB
Perubahan tren di kenormalan baru pariwisata bergeser dari pariwisata berbasis kuantitas ke pariwisata berbasis...
Dok. UMJ

Fakultas Pertanian UMJ Gelar Panen Raya Perdana dari Program Kebun Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:08 WIB
FAKULTAS Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar panen raya perdana dari program kebun hidroponik yang diawali pada Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya