Sabtu 06 November 2021, 14:00 WIB

Rawan Bencana, Walhi: Data BMKG Tak Boleh Diabaikan

Cahya Mulyana | Humaniora
Rawan Bencana, Walhi: Data BMKG Tak Boleh Diabaikan

ANTARA/ZABUR KARURU
Seorang relawan mengamankan sebuah mobil yang terperosok akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021)

 

DIREKTUR Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Zenzi Suhendi menilai informasi dan antisipasi kebencanaan tidak boleh diabaikan pemerintah pusat dan daerah. Pasalnya bencana dapat merugikan materi dan menelan korban jiwa.

"Informasi dan data yang disamping BMKG harus menjadi perhatian kepala daerah. Bencana saat ini tidak lagi diakibatkan oleh alam namun juga aktivitas serta kebijakan manusia," katanya pada webinar bertajuk Indonesia Siaga Bencana, Sabtu (6/11).

Menurut dia, Walhi kerap menyuarakan kepada pemerintah mengenai potensi bencana. Namun pemangku kebijakan jarang yang memberi tanggapan dan resposn serius.

Baca jugaHari Kesadaran Tsunami Dunia, BNPB: Karena Selamat Adalah Hak Kita Semua

"Seperti banjir bandang di Batu, Malang, Walhi sudah mendampingi masyarakat di sana selama 10 tahun terkait tata ruang dan air. Kita khawatir bencana banjir seperti sekarang," paparnya.

Ia mengatakan wilayah penyerapan air semakin sempit akibat pembukaan lahan dan tambang. Eksploitasi lingkungan secara besar-besar sangat mengancam kelangsungan hidup dan keselamatan rakyat.

"Banyak pelanggaran dan rendahnya komitmen tata ruang dengan kawasan kritis dijadikan wilayah produksi. Seharusnya wilayah yang tidak produktif dipulihkan untuk resapan air," pungkasnya.(H-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya