Kamis 04 November 2021, 13:52 WIB

Nadiem Minta Kepala Daerah Dorong PTM Terbatas untuk PAUD

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Nadiem Minta Kepala Daerah Dorong PTM Terbatas untuk PAUD

MI/PALCE AMALO
Siswa PAUD Madre Arcuci, Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Sabtu (2/10).

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengatakan permasalahan pendidikan usia dini saat ini adalah PAUD masih dilakukan secara daring atau Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), padahal anak-anak pada usia 6 tahun sangat sulit untuk mengikuti pelajaran secara daring.

Nadiem menyebut jumlah PAUD sekarang 60% PAUD di Indonesia masih melakukan pembelajaran secara daring dan baru 40% yang secara luring. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala daerah segera membuka PAUD dengan sistem Pembelajaran tatap Muka (PTM) terbatas.

"Jadi alarm, ini adalah gawat darurat yang luar biasa dan memohon terutama pada kepala kepala daerah untuk mendorong pembukaan PAUD," kata Nadiem dalam Hari Inspirasi OASE: Bergerak Bersama Menuju PAUD Berkualitas, Kamis (4/11).

Padahal, menurutnya, jelas PAUD sendiri sudah siap buka dang orang tuanya sudah siap buka tapi kepala daerah dan Satgas lokalnya yang masih sedikit was-was.

Baca juga: Gotong Royong Gelar PTM Terbatas untuk Pendidikan Usia Dini

Diketahui bahwa kualitas PAUD memiliki korelasi yang sangat besar dengan kualitas learning outcome atau hasil pembelajaran dari murid-murid di awal dan akan mempengaruhi pendidikan anak di jenjang selanjutnya.

"Umpamanya sama kaya semua jenis perkembangan perusahaan atau perkembangan manusia itu sama. Kalau awalnya sudah benar itu akan mengakselerasikan perkembangan anak secara jauh lebih cepat," ujar Nadiem.

Sayangnya banyak sistem-sistem pemerintahan yang belum memberikan cukup fokus untuk pendidikan usia dini padahal return on investment menjadi salah satu yang terbesar.

Nadiem menyebut mungkin banyak ibu sudah menyadari terkait pentingnya PAUD tetapi sistem pemerintahan mungkin belum menyadari.

"PAUD itu sangat-sangat sulit dilakukan tidak tatap muka, Tidak bilang tidak mungkin tapi sangat-sangat sulit dilakukan," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A

Eks Jubir Pemerintah Untuk Covid-19, Achmad Yurianto Meninggal Dunia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:57 WIB
Wiwid menyebut Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan itu meninggal dunia di RSUD Syaiful Anwar,...
Dok. Pribadi

Gelorakan Kesetaraan Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Lewat Pertunjukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:30 WIB
Harkitnas bisa dimaknai dengan lebih jauh lagi. Termasuk dalam kesetaraan gender antara pria dan...
Antara/Zabur Karuru.

Lumba-Lumba Cicipi Air Seni Teman untuk Ketahui Kehadiran Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:30 WIB
Untuk lumba-lumba hidung botol, rasa urine dan bunyi suara yang memungkinkan mereka mengenali teman-teman mereka dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya