Minggu 17 Oktober 2021, 20:31 WIB

Raih Medali Perak Paralimpiade, Mensos Apresiasi Ni Nengah Widiasih

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Raih Medali Perak Paralimpiade, Mensos Apresiasi Ni Nengah Widiasih

Dok Kemensos
Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD), Eva Rahmi Kasim bersama Ni Nengah Widiasih.

 

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi atas prestasi gemilang atlet cabang olahraga para powerlifting, Ni Nengah Widiasih yang sukses di kelas 41 kg putri ini meraih medali perak pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Penghargaan bagi penyandang disabilitas berprestasi dari Menteri Sosial RI tersebut diserahkan langsung kepada Ni Nengah Widiasih oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD), Eva Rahmi Kasim dalam bentuk tabungan Sertifikasi Kepelatihan senilai Rp20 juta.

Atlet perempuan berusia 28 tahun asal Bali ini sukses meraih medali perak dari cabang angkat berat di Tokyo International Forum. Pergelaran Paralympic merupakan yang ketiga kalinya bagi Ni Nengah Widiasih, sekaligus berhasil memperbaiki ranking dan prestasi dengan mencatatkan angkatan terbaik 98 kg.

Baca juga: SDI Sabilina dari Indonesia Raih Penghargaan Pendidikan dari Jepang

"Saya bangga bisa mewakili Indonesia, karena di Paralympic Tokyo bisa memperbaiki ranking dan prestasi. Jadi, saya sangat bangga bisa mengibarkan sang merah putih di ajang Paralympic," tutur Ni Nengah Widiasih dalam keterangan resmi Kemensos, Minggu (17/10).

Ke depan, ia berharap agar penyandang disabilitas bisa lebih mandiri dan berani menunjukkan dirinya untuk mencapai semua mimpi.

"Hal terpenting adalah jangan pernah putus asa dan harus yakin kepada diri sendiri selama kita mau kerja keras dan berusaha maka tidak ada yang mustahil," tandasnya.

Ni Nengah Widiasih sejak usia 3 tahun sudah menggunakan kursi roda karena ia didiagnosis mengalami penyakit polio yang menyebabkan kedua kakinya tidak dapat berjalan dengan normal.

Untuk agenda terdekat Ni Nengah Widiasih akan berangkat ke George, Rusia, untuk kejuaraan Dunia Angkat Besi, sekaligus persiapan kejuaraan Paralimpiade di Paris, Prancis.

Direktur RSPD Eva Rahmi Kasim menyatakan, bahwa rasa bangga pada Ni Nengah Widiasih atas ketekunan dan konsistensi terhadap aktivitas yang dilakukan dalam dunia olahraga angkat berat tersebut.

"Kami ikut bangga atas prestasi yang diraih Ni Nengah. Kendati di kursi roda tapi bisa menjadi salah satu atlet angkat berat putri untuk paralimpiade ini, ” kata Eva.

Untuk bisa berprestasi harus melewati proses pelatihan, konsistensi dan kedisiplinan agar fokus pada tujuan dan Ni Nengah telah membuktikan bisa mencapai kesuksesan. "Selamat Ni Nengah Widiasih, teruslah berprestasi dan memberi inspirasi," tambah Eva.

Selain bantuan Rp 20 juta, Kemensos juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Ni Nengah Widiasih agar menjadi terus motivasi untuk tetap berprestasi.

Sebelumnya, pada 24 September lalu digelar acara penyerahan piagam pengharagaan kepada para Atlet Paralimpiade Tokyo 2020, Menteri Sosial RI menyampaikan Kemensos akan memberikan dukungan terkait pola-pola pelatihan berupa fasilitas, sarana dan prasarana agar para Atlet Penyandang Disabilitas lebih optimal melakukan persiapan di ajang olahraga internasional lainnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru, PMI Kirim Bantuan dan Personel

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Desember 2021, 13:04 WIB
PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesment) kebutuhan serta evakuasi masyarakat...
Pexels

Ahli Gizi Sarankan Tambah Protein untuk Camilan Harian

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:45 WIB
"Jadi sel-sel yang sudah terbentuk lama-lama menua, butuh dikasih protein supaya tetap disintesis, kepadatannya tetap ada, karena...
ANTARA/Iggoy el Fitra.

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi 6 Meter di Perairan Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:30 WIB
Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat - Utara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya