Jumat 01 Oktober 2021, 16:19 WIB

PPKM Dilonggarkan, Tingkat Hunian Hotel Berbintang Naik

Insi Nantika Jelita | Humaniora
PPKM Dilonggarkan, Tingkat Hunian Hotel Berbintang Naik

AFP
Potret Hotel Kempinski saat memberikan dukungan terhadap upaya melawan covid-19.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Indonesia pada Agustus 2021 naik menjadi 25,07%.

"Kalau dibandingkan bulan sebelumnya (Juli), ada kenaikan 2,69 poin. Di Agustus, ada pelonggaran mobilitas penduduk, sehingga masyarakat mulai melalukan perjalanan," ujar Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/10).

Baca juga: Wapres: Sektor Pariwisata era Pandemi Alami Perubahan Tren

Namun, dibandingkan periode Agustus 2020, TPK hotel berbintang mengalami penurunan sebesar 7,86 poin atau tercatat 32,93%. Lalu, rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel klasifikasi bintang selama Agustus 2021 sebesar 1,60 hari.

Capaian tersebut turun 0,04 poin jika dibandingkan rata-rata lama menginap pada periode Agustus 2020. BPS mencatat TPK hotel berbintang pada Agustus 2021 juga dipengaruhi kenaikan penumpang angkutan udara domestik. 

Pada Agustus 2021, tercatat 1,1 juta orang melakukan perjalanan antar wilayah dalam negeri atau naik 7,26% dibanding Juli 2021. Jumlah penumpang tujuan luar negeri (internasional) naik 3,00%, sehingga menjadi 44,6 ribu orang.

Baca juga: BPS: Mobilitas Masyarakat Mulai Alami Peningkatan

"Baik penerbangan domestik dan internasional mengalami perbaikan. Ke depannya, diharapkan jumlah ini semakin bagus," tutur Margo.

Seiring dengan melandainya kasus covid-19, Kementerian Parekraf akan kembali membuka sektor pariwisata, seperti Bali, untuk wisatawan mancanegara. Dalam hal ini, juga mengingatkan seluruh pihak untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan sertifikasi CHSE bagi pelaku usaha pariwisata.(OL-11)


 

 

Baca Juga

MI/ Susanto

Eijkman: Varian Baru Dikhawatirkan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
vaksin Merah-Putih yang dikembangkan Eijkman memasuki tahap uji pra-klinis di...
Dok.TNE

TNE Jembatani Pendidikan Indonesia dan Inggris

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
Indonesia adalah salah satu negara prioritas yang mendapat dukungan dari Pemerintah Inggris untuk mengembangkan kerja sama...
AFP

Strategi Badan POM Percepat Kemandirian Vaksin Merah Putih

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 30 November 2021, 15:45 WIB
Kemandirian dalam produksi vaksinasi dan obat yang harus dibangun salah satunya melalui penelitian dan menjadikannya sebagai satu sentral...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya