Senin 20 September 2021, 13:51 WIB

Menteri PPPA: Pendidikan Karakter Anak Wujudkan SDM Berkualitas

Humaniora | Humaniora
Menteri PPPA: Pendidikan Karakter Anak Wujudkan SDM Berkualitas

ANTARA/Wahdi Septiawan
Anak-anak transmigran berjalan menuju sekolah mereka di kawasan Transmigrasi Sungai Bermas, Siulak, Kerinci, Jambi, Rabu (26/8/2020).

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak guna mempersiapkan generasi mendatang yang berkualitas menuju Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.

"Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, sepertiga penduduk Indonesia atau 84,4 juta adalah anak-anak berusia 0-18 tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 38 persen adalah anak usia dini berusia 0-6 tahun, sementara 36 persen adalah anak usia 6-14 tahun yang kebanyakan sedang menuntut ilmu di jenjang sekolah dasar. Hal strategis dan penting dilakukan adalah memprioritaskan implementasi pembangunan nasional yang mengedepankan pemenuhan hak anak," kata Menteri Bintang melalui siaran pers di Jakarta, Senin (20/9).

Baca juga: PPK Kemayoran Berkontribusi Hadirnya RS Darurat Covid-19

Bintang menekankan pentingnya dukungan terhadap tumbuh kembang anak yang berkualitas. Lembaga pendidikan, terutama tingkat KB (kelompok belajar), TK dan SD harus mampu memfasilitasi secara profesional sarana dan prasarana yang mendukung stimulasi, target pembelajaran dan pendidikan karakter bagi anak.

"Bersama dengan orang tua, tenaga pendidik harus dapat mencari jalan keluar berbagai luapan ekspresi anak-anak yang tentunya dengan mengedepankan perspektif pemenuhan hak anak. Sudah menjadi tugas kita sebagai orang dewasa untuk memahami bahasa anak-anak. Karena mengantarkan anak-anak yang berkualitas untuk meraih cita-citanya merupakan investasi kepada calon pemimpin bangsa. Investasi yang berdampak langsung pada kesejahteraan, kesuksesan dan kemajuan negara," kata Menteri.

Dia menegaskan Kemen PPPA siap bersinergi, berkolaborasi demi memastikan hak anak-anak Indonesia terpenuhi dan terlindungi sebaik-baiknya, di antaranya melalui inisiasi Satuan Pendidikan Ramah Anak yang merupakan salah satu indikator terbentuknya Kabupaten/Kota Layak Anak. (Ant/H-3)

Baca Juga

DOK UNJ

Wapres Berharap UNJ Terus Berkontribusi Membangun Negeri

👤Widhoroso 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:41 WIB
UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (17/5) menggelar sidang terbuka dalam rangka Dies Natalis...
Abdel Ghani BASHIR / AFP

Menag tegaskan Pemerintah Siap Melayani jemaah Haji 1443 H

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:05 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa pemerintah siap melayani jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci bulan...
Antara/Muhamamd Iqbal

Menhub: Pelaku Perjalanan Luar Negeri Masih Wajib PCR

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:03 WIB
Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah salah satu negara di ASEAN yang masih mewajibkan tes PCR bagi siapa saja yang hendak masuk ke Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya