Jumat 19 Agustus 2022, 22:15 WIB

IDAI: Masker dan Ventilasi Penting Cegah Transmisi Virus di Sekolah

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
IDAI: Masker dan Ventilasi Penting Cegah Transmisi Virus di Sekolah

Antara
Ilustrasi

 

KETUA Satgas Covid-19 IDAI Yogi Prawira menjelaskan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi hal yang mutlak dilakukan dalam mencegah penularan covid-19 di sekolah. Proses mitigasi yang dilakukan sekolah penting dalam mengurangi risiko transmisi lokal.

"Yang paling efektif mencegah terjadinya penularan yakni penggunaan masker dan ventilasi. Masker tentunya akan berkompromi antara kenyamanan dan keamanan, masker yang direkomendasikan yang menutup hidung dan mulut. Untuk anak yang sekolah sampai 8 jam harus membawa masker cadangan," kata Yogi dalam konferensi pers daring, Jumat (19/8).

Sementara ventilasi di kelas pada saat pembelajaran cukup membuka jendela sehingga udara terus berganti keluar masuk tidak terperangkap di dalam kelas. Termasuk kelas yang menggunakan AC central juga sesering mungkin membuka jendela agar udara segar masuk.

"Atau bisa dipasang exhaust pastikan udara bisa tersedot keluar dan aliran udara segar dari luar ke dalam, jadi mungkin hal-hal sederhana yang bisa dikerjakan," ujar Yogi.

Sementara itu, Ahli Tumbuh Kembang Anak dr. Ahmad Suryawan SpA(K) menjelaskan pada dasarnya anak menanggung dampak terbesar seumur hidup dari pandemi ini, dalam konteks anak sekolah sering dibenturkan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang perlu diperangi saat ini adalah learning loss.

"Karena penurunan knowledge and skills anak karena adanya discontinued pembelajaran," tuturnya.

PJJ memang menjadi salah satu taktik mengurangi learning loss sehingga PJJ bukan penyebab learning loss. IDAI mencatat bahwa siswa yang mengikuti PJJ masih bisa mengikuti pelajaran, pandemi yang menyebabkan turunnya prestasi akademik namun tidak merata di semua anak ataupun pelajaran.

"Sehingga perlunya keseimbangan infrastruktur kesehatan dan pendidikan. Menurunkan potensi-potensi komorbid pada anak dan menurunkan potensi learning loss dari sekolah, sehingga ada mapping dari sekolah anak mana saja yang bisa PTM dengan pelajaran tertentu," paparnya. (H-2)

 

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya