Minggu 19 September 2021, 07:20 WIB

UGM Luncurkan Beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-PYC

Ardi T Hardi | Humaniora
UGM Luncurkan Beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-PYC

MI/Ardi T H
Tangkapan layar, UGM luncurkan beasiswa Dato Dr Low Tuck Kwong secara daring, Sabtu (18/9)

 

Pada Sabtu (18/9), UGM resmi meluncurkan beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) secara daring. Peluncuran tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Dato Dr. Low Tuck Kwong, pendiri Bayan Resource dengan UGM terkait pemberian dana abadi untuk beasiswa pendidikan bagi mahasiswa UGM.

Ketua Umum Yayasan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Filda C. Yusgiantoro, S.T., M.B.M., M.B.A., Ph.D., mengatakan, PYC dipercaya Dato Dr. Low Tuck Kwong untuk menjalin kerja sama dengan UGM dalam pemberian beasiswa.

"Kami sangat mengapresiasi UGM karena dana sudah dapat diwujudkan dengan baik melalui peluncuran beasiswa saat ini dan Dato Dr. Low Tuck Kwong menyambut baik perkembangan beasiswa UGM hingga hari ini," kata dia saat peluncuran beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-PYC secara daring, Sabtu (18/9).

Filda menyampaikan, Dato Dr. Low Tuck Kwong memberikan beasiswa sebagai salah satu kontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia, terutama guna membantu mahasiswa yang mengalami kendala finansial. Melalui beasiswa ini diharapkan bisa membuat mahasiswa lebih fokus menuntut ilmu tanpa mengkhawatirkan masalah perekonomian.

Beasiswa pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung pendidikan. Untuk menghasilkan SDM unggul dan berkualitas di Indonesia.

Peningkatan SDM unggul sangat penting, terlebih menghadapi bonus demografii pada 2030 mendatang sehingga perlu diiringi dengan pningkatan produktivitas usia produktif. SDM yang berkualitas dalam jumlah besar sangat dibutuhkan untuk berinovasi dan menjawab berbagai tantangan yang ada.

"Karenanya akses pendidikan yang baik bagi generasi muda sangat diperlukan dan dengan adanya dana abadi ini diharapkan bisa mendukung pendidikan di Indonesia, khususnya UGM," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Dato Dr. Low Tuck Kwong, jajaran pimpinan PYC dan UGM serta 311 mahasiswa penerima beasiswa. Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Rektor UGM kepada perwakilan mahasiswa.

Penyampaian donasi menjadi perwujudan komitmen Dato Dr. Low Tuck Kwong dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan bentuk dukungan terhadap tri dharma perguruan tinggi.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASAN Eng. menyampaikan, sosok Dato Dr. Low Tuck Kwong yang dermawan telah membantu pendidikan mahasiswa UGM. Ucapan terima kasih juga disampikan kepada Yayasan PYC yang telah mengkoordinir pemberian donasi Dato Dr. Low Tuck Kwong untuk dikelola UGM.

"Ini sungguh luar biasa, dari donasi Rp50 miliar sebagai dana Abadi UGM dapat untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa UGM," terangnya saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban terkait penggunaan dana tersebut.

Uang tersebut didonasikan sebagai Dana Abadi UGM yang menjadi bagian dari Program Sahabat UGM, dikelola oleh UGM di bawah koordinasi Yayasan PYC. UGM menginvestasikan dana abadi tersebut melalui berbagai instrumen yang telah membuahkan hasil sekitar Rp2,5 Miliar untuk tahun pertama. Dana tersebut akan segera didistribusikan kepada 311 mahasiswa dari berbagai Fakultas di UGM dalam bentuk beasiswa dalam empat kategori.

Kategori pertama, Prestasi Akademik dan berasal dari ekonomi kurang mampu dialokasikan sebesar Rp1.512.000.000,00 untuk 180 mahasiswa. Lalu, Prestasi Non Akademik (Ketua UKM/Komunitas Mahasiswa Tingkat Universitas) sebesar Rp 584.000.000,00 bagi 73 mahasiswa. Berikutnya, Prestasi Non
Akademik PBUB Bidang Olahraga dan Seni sebesar Rp304.000.000,00 untuk 38 mahasiswa. Terakhir, Beasiswa Tugas Akhir sebesar Rp100.000.000 untuk 20 mahasiswa.

"Selamat kepada mahasiswa penerima beasiswa dan harapannya para penerima beasiswa, dapat terus meningkatkan prestasi dan memanfaatkan masa studi dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya di UGM. serta mencari pengalaman di luar kampus melalui program MBKM," urainya.

Selain penyerahan beasiswa, turut disampikan kuliah umum wawasan kebangsaan oleh Prof.Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., IPU. Ia memamparkan presentasi berjudul Kepemimpinan: Kampus Merdeka dan Industri. (OL-13)

Baca Juga: Nilai Literasi Digital Indonesia 3,47 Poin, Ini Artinya

Baca Juga

Antara

Menteri LHK: RI Tagih Komitmen Global untuk Pemenuhan Target NDC

👤Atalya Puspa 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:36 WIB
Sebab, upaya pemenuhan NDC lewat mekanisme pasar dan non-pasar, merupakan salah satu agenda yang belum tuntas dibahas sejak COP-24 di...
AFP

Indonesia Terima Bantuan Vaksin dari Selandia Baru

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:12 WIB
Total vaksin yang sudah datang di tanah air baik dalam bentuk bulk dan jadi adalah sekitar 292 juta...
MI/heri susetyo

Luhut : Saat Libur Nataru, Syarat PCR akan Diperluas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:59 WIB
Selama periode Nataru tahun lalu, meskipun penerbangan ke Bali disyaratkan PCR, mobilitas tetap meningkat dan pada akhirnya mendorong...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya