Sabtu 18 September 2021, 15:50 WIB

Menkes Optimistis Akhir 2021 Bisa Capai Cakupan Vaksinasi 70%

Atalya Puspa | Humaniora
Menkes Optimistis Akhir 2021 Bisa Capai Cakupan Vaksinasi 70%

ANTARA/Muhammad Iqbal
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

 

MENTERI Budi Gunadi Sadikin optimistis pada akhir Desember 2021 mendatang, cakupan vaksinasi di Indonesia akan mencapai 70%, atau sebanyak 150-175 juta orang telah mendapatkan suntikan vaksinasi.

"Kalau kita lihat dengan laju vaksinasi seperti sekarang dan ada akselerasi, diperkirakan akhir Desember 2021 harusnya mencapai 300 juta dosis suntikan atau di atas 150-170 juta orang atau 70% dari target populasi sudah divaksin," kata Budi dalam acara Wealth Wisdom yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (18/9).

Ia mengungkapkan, sejak Agustus hingga Desember mendatang, ketersediaan vaksin akan mencukupi bahkan untuk 2,5 juta suntikan perhari. Kondisi tersebut jelas berbeda dibanding pada Januari hingga Juni 2021 lalu, di mana ketersediaan vaksin di Indonesia masih minim.

"Memang problem utama vaksinasi adalah ketersediaan vaksin. Bukan kemampuan menyuntiknya. Kita sejak Januari sampai Juni baru mendapat 90 juta dosis vaksin. Tapi dari Agustus ini kita sudah mendapatkan 60 juta dosis vaksin, September ini juga akan mendapatkan 80 juta. Itu kenapa sebanya percepatan bisa terjadi," beber dia.

Baca juga: Penyelewengan Booster Vaksin Masih Marak, Terbanyak di Jawa Timur

Saat ini saendiri, Budi menyebut sebanyak 78 juta orang telah mendapatkan suntikan vaksin atau 37,5% dari target 208 juta jiwa yang ditetapkan pemerintah.

Namun demikian, Budi menegaskan bahwa vaksinasi bukanlah satu-satunya jalan untuk meredakan pandemi. Di samping itu, harus ada upaya-upaya lain yang harus dilakukan secara berbarengan, yakni penerapan protokol kesehatan dan testing yang kuat.

"Intinya setiap pandemi ini yang penting kita hambat agar memperlambat laju penularannya agar at any single time orang yang harus dirawat di RS di bawah kapasitas RS yang kita miliki," pungkas Budi. (OL-4)

Baca Juga

AFP

Pembukaan Ibadah Umrah Tunggu Hasil Diskusi Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia

👤Widhoroso 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 00:19 WIB
PEMERINTAH Arab Saudi dan Indonesia masih melakukan diskusi intensif terkait pelaksanaan ibadah umrah. Hal tersebut membuat hingga kini...
MI/Ramdani

Pemerintah Harus Awasi Ketat Kepatuhan Penurunan Biaya PCR

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 22:10 WIB
Pasalnya, ada oknum atau provider penyedia lab tes PCR yang curang dengan menetapkan harga PCR di atas...
MI/Panca Syurkani

Sudirman Said: Langkah Presiden Tekan Harga Tes PCR Harus Diapresiasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 20:45 WIB
Kendati biayanya sudah turun, kualitas tes PCR harus tetap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya