Jumat 17 September 2021, 23:42 WIB

UNJ Komitmen Dorong Pengembangan Desa Wisata

Widhoroso | Humaniora
UNJ Komitmen Dorong Pengembangan Desa Wisata

DOK UNJ
Prodi Perjalanan Wisata Universitas Negeri Jakarta terus melakukan pendampingan bagi desa wisata.

 

PRODI Perjalanan Wisata Universitas Negeri Jakarta (UNJ) semakin fokus dalam pengembangan desa-desa wisata. Sebelumnya, pendampingan yang dilakukan UNJ di Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat mendapat penghargaan peringkat tiga dalam ajang pendampingan desa wisata terbaik se Indonesia yang diselengarakan Kemenparekraf.

Kali ini UNJ melakukan pendampingan untuk mengembangkan desa wisata di Desa Kamarang di Kecamatan Greged, Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan sivitas akademika UNJ yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi D3 Perjalanan Wisata UNJ.

Dalam kegiatan ini dosen dan mahasiwa UNJ memberikan pelatihan bagi warga dan unsur desa lainnya. Dosen-dosen UNJ secara bergantian memberikan pelatihan kepada 25 peserta yang didampingi para mahasiswa. Materi pelatihan yang diberikan bertujuan untuk menyadarkan dan mengenal potensi desa sebagai desa wisata, diantaranya pelatihan pelayanan Homestay dan sadar wisata  bagi penggerak wisata didesa.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun. Melalui kegiatan P2M , kami berupaya agar UNJ mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi. Kami ingin memberi pendampingan bagi desa untuk siap menjadi desa wisata," jelas Rezka Fedrina, Ketua Tim P2M.

Ke depannya, jelas Reza, tema program pelatihan P2M akan disesuaikan dengan kebutuhan dan dinamika dari desa yang didampingi. "Upaya ini dilakukan agar kampus dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya khususnya di bidang pariwisata," pungkasnya.

 

Baca Juga

MI/Koresponden

Sandiaga: Di Bogor, Bakal Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 09:42 WIB
Jembatan gantung (suspension bridge) terpanjang di dunia sepanjang 535 meter dan Cable Car dengan rute sepanjang 930 meter akan dibangun di...
medcom.id

Lengkap! Ini Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Artinya

👤Sofia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 09:37 WIB
Simak, berikut bacaan dan arti doa masuk serta keluar...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

56 Ribu Penumpang dari Luar Negeri Jalani Karantina Usai Tiba di Bandara Soetta

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 09:23 WIB
Pada periode 19 September-16 Oktober 2021, tercatat penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 56.085 orang,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya