Kamis 16 September 2021, 06:10 WIB

Festival Bantu Teman

Jek/M-4 | Humaniora
Festival Bantu Teman

Dok. Festival Bantu Teman
Temu media Festival Bantu Teman.

 

SEJAK pertengahan Juli, gerakan Teman Bantu Teman yang diinisiasi para pekerja perbukuan dan para penulis telah rutin menyalurkan dukungan bagi sejawat mereka yang terdampak pandemi. Gerakan ini pun meluncurkan program lanjutan, Festival Bantu Teman. Rangkaian program yang dilaksanakan secara daring pada 14-18 September ini mengajak 70 pekerja buku, seniman, musisi, pembuat film, dan jurnalis mengisi 20 sesi panel festival.

Tema yang dibicarakan seputar penerbitan, penerjemahan, kepenulisan, ekonomi kreatif, lintas media, serta media baru. Nantinya, para peserta yang ingin mengakses panel-panel diskusi dan pertunjukan di festival diperkenankan untuk mengambil paket donasi.

Tersedia dua paket donasi yang disediakan, yakni paket terusan Rp350 ribu untuk seluruh sesi dalam 5 hari dan paket harian Rp100 ribu untuk 4 sesi. Semua donasi atau uang yang masuk tersebut akan disalurkan kepada pekerja buku yang terdampak pandemi.

“Festival ini bisa menjadi semacam awal yang baik dan bisa direplikasi semakin banyak. Saya rasa, kalau melihat jumlah festival sastra di Indonesia, ini tidak mencukupi. Nantinya itu juga bisa membantu finansial orang-orang yang bekerja di perbukuan, akan makin banyak organisator, pembicara, acara festival,” kata penulis Eka Kurniawan dalam temu media Festival Bantu Teman, Jumat (10/9).

Eka juga melihat kecenderungan yang muncul pada masa pandemi ialah kehadiran kelas-kelas yang diampu oleh para penulis. Menurutnya, itu cukup baik sebagai salah satu alternatif cara bertahan di tengah situasi krisis.

Penulis dan musisi Reda Gaudiamo, yang turut mengisi panel di Festival Bantu Teman, menambahkan bahwa keikutsertaannya dalam festival itu sebagai salah satu cara untuk membantu sesama pekerja di dunia perbukuan. “Saya dibantu teman untuk bisa seperti sekarang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membantu teman,” kata Reda. (Jek/M-4)

 

 

Biodata:

Teman Bantu Teman

 

Bergerak sejak pertengahan Juli 2021.

Menginisiasi donasi yang disalurkan kepada para pekerja perbukuan.

Baca Juga

ANTARA/HO-Humas PKB/am.

Kang Maman: Beragama dan Bernegara dalam Satu Napas NKRI

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 14:43 WIB
Beragama dan bernegara dalam konsep NKRI memang harus memiliki satu napas, bahwa orang yang memiliki komitmen keagamaan yang kuat, ia pasti...
DOk Kalbis Institute

Kalbis Institute Siapkan Outstanding Career

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 17 September 2021, 14:33 WIB
Kalbis Institute meluncurkan program Outstanding Career, Kamis (16/9), yakni sebuah formula baru dalam menyiapkan lulusan berkualitas,...
Antara

Pemodal Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Hutan Lindung jadi Tersangka

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 17 September 2021, 14:09 WIB
Tim Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi tetapkan A sebagai tersangka terkait aktivitas tambang emas ilegal di hutan lindung KPH...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya