Jumat 13 Agustus 2021, 21:55 WIB

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 5 Provinsi Ini Tercatat Masih rendah

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 5 Provinsi Ini Tercatat Masih rendah

Antara/Syifa Yulinnas
Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Banda Aceh, Aceh

 

JURU Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebutkan terdapat 5 provinsi di Indonesia yang memiliki angka cakupan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok sasaran lanjut usia (lansia) masih sangat rendah.

"Kelompok rentan dalam hal ini adalah kelompok lanjut usia untuk bisa dijangkau dan ditingkatkan cakupannya, karena kita tahu kelompok usia yang pada kelompok ini adalah masih paling tinggi angka kematian dan angka kesakitannya dibandingkan kelompok usia yang lebih muda," kata Nadia dalam laporan perkembangan terkini PPKM virtual Jumat (13/8).

Data menunjukkan ada beberapa provinsi yang masih sangat rendah cakupan vaksinasi untuk kelompok lansianya, masing-masing Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sulawesi Barat dan Papua.

"Strategi perlu disusun sesuai dengan kondisi masing-masing daerah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI-Polri serta kepala desa Lurah RT/RW untuk segera mendata para lansia di wilayahnya agar segera mendapatkan vaksinasi," sebutnya.

Baca juga : Kemenkes : Mayoritas Keterisian Tempat Isolasi tidak Melebihi 80%

Phaknya menegaskan bahwa dosis ketiga saat ini hanya untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga pendukungnya karena mereka yang memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Apalagi kunci daripada penanganan Covid-19 adalah semakin banyak dan semakin cepat pasaran vaksinasi mendapatkan dosis 1 dan ke-2 secara lengkap.

"Vaksinasi terbukti masih efektif dalam menekan risiko perawatan dan kematian pada tenaga kesehatan walaupun risiko paparan virus bagi tenaga kesehatan masih sangat tinggi," terangsang.

Dia menambahkan evaluasi akan terus dilakukan dan masukan kepada pemerintah sangat diharapkan yang paling penting adalah bekerja sama dengan semua pihak mulai dari tingkat individu tingkat RT/RW tingkat Desa tingkat kelurahan kecamatan kabupaten/kota provinsi sampai di tingkat nasional.

"Untuk kita bisa saling mendukung dalam upaya kita penanganan pandemi yang lebih baik," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Mohammad Hamzah

Anggaran Berkurang, Menko PMK Tegaskan Tetap Maksimal Tangani Masalah Stunting 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:53 WIB
“Presiden telah mendelegasikan wewenang sepenuhnya kepada BKKBN, jadi saat ini lebih pada peningkatan performa, bujet akan kita...
Dok. Sapharma

Sapharma Hadirkan Acetium Lozenge, Solusi Untuk Memulai Program Berhenti Merokok 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:43 WIB
Menghisap satu atau dua tablet selama merokok dan menggunakan Acetium secara berkala akan memperbesar persentase kesembuhan dari...
MI/ZEN

Abai Akurasi, Kesalahan Fatal Saat Menulis Menanti

👤Adhi Sakti, Ditjen IKP Kemenkominfo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:35 WIB
Akurasi data dan fakta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya