Jumat 13 Agustus 2021, 16:20 WIB

Bukan Aparat, Vaksin Moderna Cuma Untuk Nakes, Ibu Hamil, dan Orang dengan Komorbid

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Bukan Aparat, Vaksin Moderna Cuma Untuk Nakes, Ibu Hamil, dan Orang dengan Komorbid

Antara
Jatah Vaksin Moderna Diprioritaskan untuk Nakes, Ibu Hamil, dan Orang dengan Komorbid.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan kebijakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai booster, dan dua kelompok prioritas lainnya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi menyampaikan dua kelompok prioritas penerima vaksin Moderna selain nakes, ialah ibu hamil dan orang dengan komorbid, yang belum pernah divaksin. Kemenkes meminta daerah mematuhi ketentuan ini.

“Kami menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan vaksin merek Moderna sebagai dosis ketiga hanya kepada nakes. Selain untuk nakes, vaksin Covid-19 Moderna juga diperuntukkan bagi publik, khususnya ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid, yang belum pernah mendapatkan vaksinasi sama sekali,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya Jumat (13/8).

Nadia menyampaikan, alasan pemberian booster ini karena peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang tinggi mendorong pemerintah untuk secara khusus memberikan perlindungan tambahan kepada nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

Pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ini juga telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI berdasarkan hasil kajian yang dilakukan dan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan melalui surat nomor 71/ITAGI/Adm/VII/2021 tanggal 8 Juli 2021.

Dugaan penyimpangan pemberian vaksin Moderna menyeruak ketika muncul kabar penyuntikan vaksin hibah dari pemerintah Amerika Serikat itu. Salah satu temuan dilaporkan dari Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan. Sang bupati mengizinkan pemberian vaksin Moderna untuk diberikan kepada pejabat dan aparat keamanan di Toraja.

Penyimpangan lain berasal dari jatah vaksin Moderna nakes yang telah dipakai orang lain.

Pada Surat Edaran HK.02.01/I/ 1919 /2021, Kemenkes menjelaskan bahwa vaksinasi dosis ketiga bagi nakes dapat menggunakan vaksin dengan platform yang sama (Sinovac) atau platform yang berbeda (Moderna), dengan interval minimal pemberian vaksinasi dosis ketiga adalah 3 bulan setelah dosis kedua diberikan. (H-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

UNESCO dan Balai Konservasi Borobudur Luncurkan Buku Pemetaan Potensi Kawasan Borobudur  

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 21:31 WIB
Buku Pemetaan Potensi Kawasan Borobudur menjadi sangat penting, karena adanya keberadaan Candi Borobudur yang tercatat dalam daftar Warisan...
MI.Rudi Kurniawansyah

Penanganan Karhutla RI DIapresiasi, Pakar : Jangan Cepat Berpuas Diri 

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:51 WIB
"Ke depan saya berharap, apa yang sudah dicapai saat ini hendaknya tetap dipertahankan dan bukan tidak mungkin bisa ditingkatkan lagi...
MI/Reza Sunarya

Media Indonesia-Pemkab Purwakarta Akan Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Siswa SMA

👤Reza Sunarya 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:43 WIB
HARIAN Media Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya