Minggu 01 Agustus 2021, 18:53 WIB

Menkeu Sri Mulyani Beri Motivasi Siswa SMA dalam Memilih Jurusan di PTN

mediaindonesia.com | Humaniora
Menkeu Sri Mulyani Beri Motivasi Siswa SMA dalam Memilih Jurusan di PTN

Ist
Menkeu Sri Mulyani menjadi keynote speaker pada acara Education Fair Part II yang digelar SMAN 8 Jakarta secara daring.

 

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi semangat kepada para siswa SMAN 8 Jakarta yang kini punya Rajawali Emas, terutama klas XII yang tengah mengikuti acara Education Fair Part II pada hari pertama, Sabtu (31/7).

“Rajawali Emas 2022, harus semangat, karena kita harus ada di rumah atau belajar dari rumah mengingat situasi pandemi Covid-19 demi mencegah penyebaran Covid19 dan mengamankan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Sri Mulyani saat menjadi keynote speaker acara Education Fair II yang digelar SMAN 8 Jakarta secara daring.

Saat ini para Rajawali Emas 2022 atau julukan siswa kelas XII SMAN 8 Jakarta sedang menimbang pilihan perguruan tinggi negari (PTN) yang memang tergantung pada referensi dan kesukaan dari  masing-masing siswa.

Saat memberi saran kepada para siswa, Sri Mulyani juga mengajak untuk berpikir apa yang akan membuat Rajawali Emas 2022 dapat berikan melalui potensi, bakat dan juga kecerdasan masing-masing, tidak juga hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk bangsa dan negara. 

Menkeu yang pernah menjadi orang tua murid, karena salah satu anaknya sekolah di SMAN 8 Jakarta beberapa waktu lalu, juga  menceritakan 40 tahun yang silam beliau menghadapi pilihan yang sama seperti kedokteran, teknik sipil,  psikologi atau ekonomi.

"Pada akhirnya pilihan beliau jatuh pada ekonomi, tentunya dengan restu orang tua," Sri Mulyani.

Ia menambahkan jika bidang yang ditekuni adalah bidang yang diminati,  hal tersebut tidak akan dirasakan sebagai pengorbanan.

"Tapi hal itu dirasa sebagai perjalanan untuk  membuat semakin lebih memahami dan tidak berhenti untuk terus belajar," ucapnya.

“Belajar tidak akan pernah selesai dalam hidup. Beliau juga mengajak agar Rajawali Emas 2022 untuk belajar dari  sisi karakter dan mentalitas, karena manusia yang memikirkan kemajuan otaknya atau pikirannya  harus juga mengisi batinnya," jelasnya 

"Dan menempa karakternya supaya menjadi pribadi yang tangguh  an peduli kepada sesama dan menjadi pribadi yang berintegritas. Itu juga sama pentingnya  dengan terus menerus mengejar ilmu,” papar Sri Mulyani. 

Dalam akhir pemaparannya, Menkeu kembali menyemangati kepada Rajawali Emas 2022.

"Selamat memilih bidang studi yang  disukai karena kita akan menghadapi banyak perubahan seperti teknologi digital, perubahan iklim, perubahan demografi, globalisasi semuanya akan membuka kesempatan baru dan akan membuat perubahan yang perlu disikapi," ucapnya.

 Ia juga menambahkan,"Jangan takut, jangan ragu, dan jangan bimbang, anak-anak muda seperti siswa siswi SMAN 8 jakarta harus tetap optimistis dan memiliki semangat dan percaya diri, terus memiliki ambisi setinggi langit namun tetap mengasah hati untuk menjadi pribadi yang tangguh dan peduli sesama".

Education Fair (Edufair) 2021 kali ini memasuki Part II, yaitu Big Dreams, Big Choices yaitu Mengenal Profil Perguruan Tinggi Dalam Negeri. Event ini merupakan rangkaian dari Program Forum Diskusi dan Komunikasi Orang Tua siswa SMAN 8 Jakarta Angkatan 2022 ( Fondasi 22 ). 

Pada Edufair II sesi ini mengundang kurang lebih 14PTN untuk mengupas tuntas fakultas-fakultas pada PTM masing-masing.

Dalam sambutan pembukaan, kepada siswa kelas XII, Kepala Sekolah SMAN 8, dra Rita Hastuti MPd, mengingatkan kembali bahwa tujuan sudah diniatkan, harapan sudah dibentangkan, pengalaman dari para alumni di part 1 juga sudah diceritakan, inspirasi sudah banyak didapatkan, dukungan orang tua sudah direntangkan dan ekosistem sekolah sangat menguntungkan pada saat ini.

Henny Suryani, selaku Ketua Acara Edufair 2021, dengan event ini diharapkan menjadi titik tolak untuk semua siswa Smandel untuk memilih jurusan yang tepat di PTN pilihan nantinya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Medcom

Yuk Ketahui Apa yang Dimaksud dengan  Marketing Credit Executive

👤Febby Saraswati 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:45 WIB
Marketing Executive adalah seorang yang bertanggung jawab dalam nilai suatu produk atau perusahaan pada...
 MIANDRI WIDIYANTO

Vaksinasi Rabies Tekan Risiko Kematian 'Anak Bulu'

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:00 WIB
Hewan peliharaan yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus itu kepada pemiliknya lewat gigitan yang membuat...
MI/Dok Kristana Parinters Makur

Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di Kalimantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:30 WIB
Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya