Jumat 30 Juli 2021, 17:25 WIB

Penting, Memastikan Tumbuh Kembang Anak dalam Kondisi Saat ini

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penting, Memastikan Tumbuh Kembang Anak dalam Kondisi Saat ini

Dok.Wyeth Nutrition
Para pembicara dalam webinar kesehatan ibu dan anak.

 

PANDEMI covid-19 yang sudah hampir dua tahun melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia memang telah menggoncang berbagai sendi kehidupan. Banyak sektor usaha yang kembang-kempis dan bahkan tidak sedikit yang terpaksa gulung tikar.

Akibatnya jumlah angka pengangguran pun meningkat karena banyak orang kehilangan pekerjaan. Hal itu tentu berpengaruh pula pada tingkat kesejahteraan, terutama pada anak. Padahal anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus didik dan diperhatikan sejak awal.

Baca juga: Orangtua Jangan Lengah Dengan Jaga Prokes Anak di Masa ...

Berangkat dari situ, Wyeth Nutrition kembali menghadirkan inovasi terbarunya, S-26 Procal Nutrissentials Rasa Madu. Produk itu yakni susu pertumbuhan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun yang kaya akan Kolin, Zat Besi dan Vitamin B Kompleks, tinggi Protein, Kalsium, Vitamin D dan K, serta tanpa gula tambahan dengan rasa madu yang lezat untuk mendukung tumbuh kembang dan proses belajar.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH menjelaskan bahwa fungsi kognitif anak berada dalam masa puncak pada usia 2 dan terus berkembang hingga 5 tahun. Karena itu kecukupan nutrisi, stimulasi, kasih sayang, dan pemantauan tumbuh kembang anak pada masa ini sangat penting  agar tumbuh optimal.

“1000 hari pertama kehidupan anak yang juga disebut sebagai periode emas adalah periode yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Pada anak usia tersebut terjadi perkembangan otak yang pesat. Masa ini disebut periode kritis perkembangan dan masa ini tidak dapat tergantikan. Untuk itu, orang tua harus cermat dalam memahami perkembangan anak sesuai tahap usianya serta memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka agar siap belajar terutama dalam situasi seperti pandemi saat ini,” ujarnya.

Sejalan dengan visi Wyeth Nutrition dalam membantu generasi masa depan untuk mengembangkan potensi dan menjalankan kehidupan  dengan menyediakan nutrisi berkualitas tinggi, inovatif  bagi para ibu dan anak. Wyeth Nutrition menghadirkan pilihan rasa baru  yaitu S-26 Procal Nutrissentials Rasa Madu, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun untuk terus bantu tumbuh kembang optimal yang  mendukung proses belajarnya.

“Tumbuh kembang anak harus mendapat perhatian orang tua, meski  kita berada dalam situasi pandemi. Selain membutuhkan stimulasi dan kasih sayang , anak juga membutuhkan nutrisi untuk siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya dan mendukung tumbuh kembangnya. S-26 Procal Nutrissentials berkomitmen mendampingi orang tua dalam memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan sesuai tahap usianya. Salah satunya dengan menghadirkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan anak,” ujar Brand Manager S-26 Procal Vera Niki Gozali.

“Walau saat ini situasi cukup sulit, para orang tua harus tetap mendampingi dan mencukupi kebutuhan nutrisi, stimulasi dan kasih sayang untuk anak. Untuk membantu para orang tua memahami kebutuhan dalam setiap perkembangan anak kami juga memberikan informasi untuk orang tua mengenai nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan tips parenting bersama para pakar,” imbuhnya.

“Di masa pandemi ini tanpa disadari berdampak pada hubungan emosional antara orang tua dan anak. Meskipun kuantitas pertemuan anak dan orang tua bertambah, seringkali koneksi tersebut berkurang. Untuk itu, sebaiknya kedua orang tua bekerja sama mengembalikan kehangatan hubungan, serta menghadirkan stabilitas dalam keluarga meskipun banyak tantangan. Misalnya dengan menemukan cara baru membangun kembali koneksi emosional dengan anak atau rutin mengajak anak berdiskusi,” timpal Psikolog Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi (RO/A-1)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PPKM Level 2 Jakarta Diperpanjang Hingga 31 Januari 2022

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:39 WIB
Pemerintah memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta diperpanjang hingga 31 Januari ini. Hal ini...
Dok BenihBaik.com

501 Anak Panti Asuhan Terima Donasi Rp98.997.600 dari TheFoodHall

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:23 WIB
Sebanyak 501 anak panti asuhan di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi menerima donasi senilai Rp98.997.600 dari...
Ant/Akbar NG

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 30 Januari, Jabodetabek Level 2

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:36 WIB
PEMERINTAH memperpanjang aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 30 Januari. Jabodetabek masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya