Minggu 25 Juli 2021, 20:00 WIB

PPKM Level 4 Dilanjutkan, Jokowi: Ada Penyesuaian 

Andhika Prasetyo | Humaniora
PPKM Level 4 Dilanjutkan, Jokowi: Ada Penyesuaian 

Dok. Biro Setpres
Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara pelantikan di Istana Merdeka.

 

PRESIDEN Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 di wilayah Jawa-Bali hingga 2 Agustus mendatang.

Berbeda dengan masa pembatasan sebelumnya, pada periode terbaru ini, pemerintah melakukan beberapa penyesuaian untuk mendukung kegiatan perekonomian masyarakat.

"Kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap, dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di Istana Merdeka, Minggu (24/7).

Baca juga: Presiden: PPKM Level 4 Dilanjutkan Hingga 2 Agustus

Pasar rakyat yang menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari, lanjut dia, diperbolehkan buka seperti biasa. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, pasar rakyat yang menjajakan dagangan selain kebutuhan sehari-hari, diizinkan buka hingga pukul 15.00. Pembukaan operasional dengan kapasitas maksimum 50%.

Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen voucher, pangkas rambut, penatu, pedagang asongan, bengkel kecil, tempat cuci kendaraan dan usaha kecil lainnya, diizinkan buka hingga pukul 21.00, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Mahfud MD Sebut 90% Kematian Covid-19 karena Belum Divaksin

Lalu, warung makan dan lapak jajanan sejenis yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, juga diperbolehkan buka sampai pukul 20.00. Tentunya, dengan protokol kesehatan dan maksimum waktu makan 20 menit untuk setiap pengunjung.

"Terkait pengaturan teknis akan diatur oleh pemda setempat," jelas Kepala Negara.

Untuk mengurangi beban masyarakat dan pelaku usaha mikro dan kecil selama masa pembatasan kegiatan, pemerintah juga akan meningkatkan nilai bantuan sosial. "Penjelasan secara terperinci akan disampaikan oleh menteri koordinator terkait," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Tokoh Pers dengan Tema 'Lawan'

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 17:33 WIB
Ahmad Mahendra juga menambahkan, para pemuda dengan patriotismenya di era pergerakan nasional sebagian besar adalah para...
Seskab

Stafsus Wapres Pertemukan Asosiasi PPIU dan Pemerintah Bahas Penyelenggaraan Umrah

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 17:20 WIB
STAF Khusus (Stafsus) Wakil Presiden Arif Rahman memimpin Focus Group Discussion (FGD) yang mempertemukan asosiasi Penyelenggara...
Istimewa

Duh, Malas Gerak Selama Pandemi Bisa Kena Osteoporosis

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 17:10 WIB
Kurangnya aktivitas fisik hingga kebiasaan makan yang tidak sehat menjadi faktor risiko yang besar untuk seseorang mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya