Minggu 25 Juli 2021, 15:40 WIB

Mahfud MD Sebut 90% Kematian Covid-19 karena Belum Divaksin

Cahya Mulyana | Humaniora
Mahfud MD Sebut 90% Kematian Covid-19 karena Belum Divaksin

Dok. Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD saat melakukan konferensi pers.

 

MENKO Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD meminta seluruh tokoh agama, masyarakat, akademisi, pemerintah dan masyarakat untuk bersatu menanggulangi covid-19. Tanpa persatuan, pandemi covid-19 dikatakannya sulit untuk dihentikan.

Menurut Mahfud, semua anak bangsa harus membangun kesadaran pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19. Sebab, 90% dari 85.000 kasus kematian akibat covid-19 karena menolak atau belum divaksin.

"Tingkat kematian sekarang itu lebih dari 90%  karena belum divaksin. Yang sudah divaksin dan meninggal itu 10%," ujar Mahfud dalam pertemuan virtual, Minggu (25/7).

Baca juga: Tinjau Tempat Isolasi Asrama Haji Sleman, Ketua Satgas Titipkan Dua Pesan Penting

"Nah, karena vaksin itu belum bisa merata, maka pengganti vaksin itu masker. Harus disosialisasikan, terkhusus oleh tokoh agama dan masyarakat," imbuhnya.

Pelaksanaan vaksinasi dan protokol kesehatan, lanjut dia, merupakan dua strategi utama dalam melawan covid-19. Seluruh dunia telah melakukan dan menyepakati dua langkah tersebut.

Pemerintah terus menyuarakan kedua hal tersebut, agar kasus covid-19 dapat ditekan. "Sekarang obat covid-19, vaksin, juga APD sudah ada. Tinggal membangun kesadaran protokol kesehatan. Itu langkah di bidang kesehatan," pungkas Mahfud.

Baca juga: Anies: Vaksinasi Kurangi Risiko Sakit Akibat Covid-19

Adapun langkah lain ialah menyelamatkan ekonomi rakyat yang terdampak kebijakan pembatasan di masa pandemi covid-19. Menurutnya, anggaran ratusan triliun telah dikucurkan dan sejumlah kebijakan telah diberlakukan. 

Seperti, pengurangan dan penundaan pajak, kredit tanpa bunga, hingga bantuan sosial. "Semua disalurkan untuk membantu rakyat," tegasnya.

Namun, semua upaya tidak akan menghasilkan dampak signifikan, tanpa kesadaran masyarakat untuk melawan covid-19. Menurutnya, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang memiliki posisi penting, harus gencar menyuarakan disiplin protokol kesehatan.(OL-11)

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Modest Fashion Kian Bertumbuh, Konsumennya Kian Sadar Lingkungan   

👤Iis Zatnika 🕔Selasa 30 November 2021, 22:50 WIB
Warga muslim dunia menghabiskan 277 miliar dolar AS atau sekitar Rp3,9 kuadriliun. Angka ini diproyeksikan tumbuh hingga 311 miliar dolar...
Dok. kemenkominfo

Jadi Perhatian Forum G20, Menkominfo Ajak Kolaborasi Pelaku Industri e-Health 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 30 November 2021, 22:25 WIB
Menurut Menkominfo, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia selama pandemi Covid-19 tidak bisa dilepaskan dari keberadaan layanan kesehatan...
DOK Sinar Mas Land.

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Tanam Pohon Buah di PP Al-Tsaniyah Serpong

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 22:02 WIB
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Menanam Pohon Nasional yang berlangsung setiap 28...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya