Senin 19 Juli 2021, 23:29 WIB

Jokowi Wanti-Wanti agar Bansos Cepat Disalurkan

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Jokowi Wanti-Wanti agar Bansos Cepat Disalurkan

Antara/Dhedez Anggara
Pekerja memasukkan beras ke kantung beras bantuan PPKM Darurat di Gudang Bulog Indramayu, Jawa Barat

 

PRESIDEN Joko Widodo menyoroti soal percepatan belanja daerah dan percepatan bantuan sosial yang dinilai masih belum cepat disalurkan ke masyarakat. Hal itu disampaikannya saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7).

Presiden menyoroti berkaitan dengan bantuan UMKM, dana bantuan sosial, dan Dana Desa. Berdasarkan data yang diterima Presiden, anggaran UMKM untuk seluruh daerah ada Rp13,3 triliun tapu yang tersalurkan baru Rp2,3 triliun.

"Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20% semuanya. Padahal rakyat menunggu ini," ucap Jokowi.

Presiden juga menyoroti Dana Desa yang totalnya mencapai Rp72 triliun. Dari jumlah itu, ada Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Akan tetapi, yang sudah disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25%.

Baca juga : Jokowi Serahkan Sapi Kurban 1,1 Ton ke Masjid Istiqlal

"Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga meminta para kepala daerah untuk fokus dan cepat penanganan pandemi covid-19 yang saat ini mengalami lonjakan akibat varian delta. Presiden meminta kepala daerah menunjukkan kepemimpinan di lapangan yang kuat, bergerak cepat, dan responsif.

"Kita membutuhkan kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi sekarang ini. Kepemimpinan yang paham lapangan, yang bisa bergerak cepat dan responsif. Kepemimpinan lapangan ini harus kuat di semua level pemerintahan, dari level atas sampai level kecamatan, tingkat kelurahan dan desa," ucap Jokowi. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:41 WIB
Pada 2021 misalnya, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, terdiri atas 182.890 pendaftar dari dari 11.920 sekolah melalui...
AAFP/Javier Torres.

Penelitian Terbaru, Kucing Besar Tertular Covid-19 dari Penjaganya

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:15 WIB
Penelitian ini muncul dalam jurnal peer-review dan akses terbuka yang disebut...
Dok. Pribadi

Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat, Libatkan Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:02 WIB
Menurutnya program ini sesuai dengan salah satu filosofi Kampus Merdeka yakni kolaborasi dan gotong royong, terutama untuk bergotong royong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya