Jumat 09 Juli 2021, 09:57 WIB

Jokowi: Terima Kasih Tenaga Kesehatan dan Relawan

Siti Yona Hukmana | Humaniora
Jokowi: Terima Kasih Tenaga Kesehatan dan Relawan

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Ilustrasi tenaga kesehatan

 

UCAPAN terima kasih disampaikan Presiden Joko Widodo kepada para tenaga medis dan relawan di Indonesia dalam menangani pandemi covid-19 yang tengah mengganas.

"Terima kasih kepada pada tenaga kesehatan dan relawan yang saat ini tak mengenal pagi, siang, atau malam, berjuang dan bekerja keras menangani pandemi covid-19," tulis Jokowi dalam akun Instagram pribadinya @jokowi, Jumat (9/7).

Jokowi juga minta masyarakat untuk meringankan beban para petugas medis. Salah satu caranya, kata dia, dengan patuh dengan protokol kesehatan sehingga penyebaran covid-19 tidak terus-menerus meluas.

"Kita bantu mereka dengan melindungi diri dan keluarga, dengan tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Singapura turun tangan membantu Indonesia. Singapura rencananya akan memberikan bantuan untuk penanganan covid-19 di Indonesia pagi ini, Jumat (9/7).

"Pagi ini akan datang dari Singapura kebutuhan alat kesehatan yang bersifat mendesak," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, Jumat (9/7).

Baca juga:  Kemenkes Tegaskan Insentif Tenaga Kesehatan Tetap Dibayarkan

Faizasyah tidak memerinci alat mendesak yang akan diberikan oleh negeri tetangga itu. Namun, dia berharap bantuan itu bisa membuat penanganan covid-19 di Indonesia membaik.

Kasus harian positif covid-19 di Tanah Air terus mengalami lonjakan. Pemerintah pun telah menyiapkan skenario terburuk jika kasus positif covid-19 mencapai 40 ribu per hari.

"Kami sudah melakukan worst-case scenario jika kasus mencapai lebih dari 40 ribu. Mulai dari suplai oksigen, obat-obatan dan rumah sakit, semuanya sudah kami hitung," ujar Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (6/7).

Kata Luhut, sejumlah langkah telah disiapkan guna menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang lebih parah lagi. Pemerintah dan instansi terkait juga terus mengupayakan penurunan mobilitas masyarakat hinggga 50%.(OL-5)

Baca Juga

AFP

Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Kloter Pertama

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:57 WIB
Tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan 92.825 jemaah haji. Terdiri dari 92.246 jemaah haji reguler, 114 KBIHU dan 465 petugas haji...
DOK LDII

DPP LDII: LGBT Bertentangan Dengan Agama Dan Moralitas

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:56 WIB
DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menyatakan lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) bertentangan...
dok.Hikmahbudi

Harlah ke 51 Hikmahbudhi Salurkan Delapan Ton Beras ke Panti Asuhan dan Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:50 WIB
DALAM memperingati momentum hari lahir ke 51 tahun tersebut Hikmahbudhi menyalurkan delapan Ton beras di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya