Jumat 09 Juli 2021, 09:57 WIB

Jokowi: Terima Kasih Tenaga Kesehatan dan Relawan

Siti Yona Hukmana | Humaniora
Jokowi: Terima Kasih Tenaga Kesehatan dan Relawan

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Ilustrasi tenaga kesehatan

 

UCAPAN terima kasih disampaikan Presiden Joko Widodo kepada para tenaga medis dan relawan di Indonesia dalam menangani pandemi covid-19 yang tengah mengganas.

"Terima kasih kepada pada tenaga kesehatan dan relawan yang saat ini tak mengenal pagi, siang, atau malam, berjuang dan bekerja keras menangani pandemi covid-19," tulis Jokowi dalam akun Instagram pribadinya @jokowi, Jumat (9/7).

Jokowi juga minta masyarakat untuk meringankan beban para petugas medis. Salah satu caranya, kata dia, dengan patuh dengan protokol kesehatan sehingga penyebaran covid-19 tidak terus-menerus meluas.

"Kita bantu mereka dengan melindungi diri dan keluarga, dengan tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Singapura turun tangan membantu Indonesia. Singapura rencananya akan memberikan bantuan untuk penanganan covid-19 di Indonesia pagi ini, Jumat (9/7).

"Pagi ini akan datang dari Singapura kebutuhan alat kesehatan yang bersifat mendesak," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, Jumat (9/7).

Baca juga:  Kemenkes Tegaskan Insentif Tenaga Kesehatan Tetap Dibayarkan

Faizasyah tidak memerinci alat mendesak yang akan diberikan oleh negeri tetangga itu. Namun, dia berharap bantuan itu bisa membuat penanganan covid-19 di Indonesia membaik.

Kasus harian positif covid-19 di Tanah Air terus mengalami lonjakan. Pemerintah pun telah menyiapkan skenario terburuk jika kasus positif covid-19 mencapai 40 ribu per hari.

"Kami sudah melakukan worst-case scenario jika kasus mencapai lebih dari 40 ribu. Mulai dari suplai oksigen, obat-obatan dan rumah sakit, semuanya sudah kami hitung," ujar Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (6/7).

Kata Luhut, sejumlah langkah telah disiapkan guna menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang lebih parah lagi. Pemerintah dan instansi terkait juga terus mengupayakan penurunan mobilitas masyarakat hinggga 50%.(OL-5)

Baca Juga

DOK MI

Penanganan Kasus Anak Penderita HIV/AIDS Butuh Aturan Khusus

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:24 WIB
BERBEDANYA posisi anak dalam siklus penularan HIV dan kondisi psikologis mereka dibandingkan penderita dewasa membuat dibutuhkannya...
ANTARA/Pavlo Gonchar / SOPA Images via Reuters/Sipa USA/pri.

Cegah Penyebaran Omicron, Mitigasi Berlapis Harus Dilakukan

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:14 WIB
UNTUK mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau yang dikenal dengan nama Omicron, negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, telah...
ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO

Wapada! Ada Peningkatan Badai Tropis pada Libur Nataru

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:10 WIB
BMKG tengah mengumpulkan data terkait badai tropis yang diprediksi akan muncul di akhir tahun dan awal tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya