Rabu 09 Juni 2021, 20:59 WIB

Wujudkan Kompetensi Guru Inovatif dengan Fasilitas Digital Mumpuni

mediaindonesia.com | Humaniora
Wujudkan Kompetensi Guru Inovatif dengan Fasilitas Digital Mumpuni

Ist
Penyerahan simbolis bentuk kerja sama antara PT Infrastruktur Digital Edukasi atau IDE dan Ikatan Guru Indonesia (IGI).

 

BERBAGAI upaya dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam dalam ekosistem pendidikan digital di era industri 4.0.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, perusahaan teknologi informasi yang fokus pada bidang pendidikan, PT Infrastruktur Digital Edukasi atau IDE merupakan anak perusahaan dari MobileCom menjalin kerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Untuk menjawab meningkatkan kompetensi guru di era industri 4.0 serta mengakselarasi program kerja guru, IDE yang bergerak di bidang solusi Learning Management System (LMS) berbasis aplikasi telah menggandeng IGI.

Penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan di Uptown Serviced Office, Jakarta, Rabu (9/6).  Dalam acara itu, turut hadir pula Direktur PT IDE Sukarni Wongso dan General Manager dari PT IDE Destaria Soe’oed. Sementara itu perwakilan IGI langsung dihadiri Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah.

Dalam sambutannya, Founder dan Presiden Direktur MobileCom Steven Samudera yang diwakili Direktur IDE Sukarni Wongso, menjelaskan melalui sistem yang terintegrasi dan komprehensif, pihaknya berharap dapat membantu para pelaku pendidikan mulai dari guru, murid, pemangku kebijakan sekolah hingga orang tua.

“Dengan sistem terintegrasi dan komprehensif bisa bersama-sama menjalankan proses pembelajaran dengan standar kualitas yang lebih baik melalui aplikasi Learning Management System,” kata Steven.

“Sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas  secara nasional melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi,” jelasnya.

“Kemitraan ini diharapkan dapat membantu sektor pendidikan di Indonesia, untuk dapat memberikan hasil pendidikan yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan kerja para pendidik untuk generasimuda Indonesia,” ujar Steven.

Sementara itu, Destaria Soe’oed selaku General Manager PT IDE menambahkan bahwa kini akses menyeluruhkepada Anggota IGI dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman, dengan tujuan utamanyasebagai penunjang peningkatan kompetensi serta kesejahteraan guru secara online.

“Aplikasi IGI Online berfungsi untuk memfasilitasi peningkatan wawasan anggota IGI denganberagam pelatihan online yang dapat terukur dalam satu aplikasi, juga menjadi fasilitas sisteminformasi terpadu dua arah, pendukung transparansi keuangan organisasi, serta kemudahantransaksi anggota,” jelas Destaria.

Selanjutnya dalam paparannya, Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah menyampaikan, adanya kolaborasi ini di antaranya, untuk menghasilkan sebuah penguatan komitmen.

Dengan menggandeng IDE, menurut Danang, IGI akan terus bergerak bersama, demi peningkatan kompetensi guru yang bermuara pada peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa.

“Karena kita semua sadar, bahwa pendidikan adalah kunci peradaban.Melaluinya kita menenun dan merajut harapan untuk kemajuan bangsa,” ucapnya.

“Dan melalui guru harapanbesar itu dititipkan, karena guru adalah garda terdepan pada proses panjang ini,” tutur Danang.

“IGI akan terus berkontribusi untuk kemajuan pendidikan Indonesia, melalui sinergi untukIndonesia maju. Kami berkomitmen meningkatkan kompetensi guru, karena hanya guru yangmengerti kebutuhannya, oleh karena itu IGI hadir dari guru, oleh guru dan untuk guru,” ujar pria yang juga menjabat menjadi Guru di Binus School Simprug.(RO/OL-09)

 

 

 

Baca Juga

Dok Starbucks

Barista Asal Indonesia Bertanding di World Cup Tasters Championship 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 08:01 WIB
Kejuaraan ini memberikan penghargaan kepada cupper kopi profesional yang menunjukkan kecepatan, keterampilan, dan ketepatan dalam...
dw.com

Apa yang Dimaksud dengan Teori Evolusi?

👤Sofia 🕔Senin 25 Oktober 2021, 07:30 WIB
Evolusi, dalam kajian biologi, berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi...
MI/Francisco Carolio Hutama Gani

BMKG Peringatkan Adanya Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 07:10 WIB
Selain itu BMKG juga memperingatkan agar mewaspadai tinggi gelombang hingga 2...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya