Rabu 19 Mei 2021, 11:42 WIB

Anak dari Peserta BPJAMSOSTEK Raih Manfaat Beasiswa Pendidikan

mediaindonesia.com | Humaniora
Anak dari Peserta BPJAMSOSTEK Raih Manfaat Beasiswa Pendidikan

Ist
Kantor BPJAMSOSTEK melayani peserta program BPJAMSOSTEK.

 

BPJS Ketenegakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Sudirman telah berhasil membayarkan bantuan beasiswa pendidikan yang merupakan salah satu manfaat dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminann Kematian (JKM).

Pembayaran beasiswa ini dibayarkan setelah keluarnya aturan turunan dari PP Nomor 82 Tahun 2019, yaitu Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Cara Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Permenaker No 5 Tahun 2021 mulai efektif diimplementasikan sejak 1 April 2021.

"Kami membayarkan beasiswa itu untuk peserta penerima upah maupun bukan penerima upah dengan masa iuran paling singkat 3 tahun untuk JKM karena sebab apapun. Sedangkan untuk JKK, bantuan tersebut diberikan bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap,” kata Erni Purnamawati Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (19/5/2021).

Manfaat beasiswa ini akan diberikan untuk 2 orang anak secara berkala setiap tahun sesuai tingkat pendidikan dari TK-S1/Pelatihan dengan nilai maksimal mencapai Rp 174 juta. 

Berikut penjelasan lengkap besaran bantuan beasiswa BPJS Ketenagakerjaan yakni TK Rp 1,5 juta/tahun maksimal 2 tahun, SD/sederajat Rp 1,5 juta/tahun maksimal 6 tahun, SMP/sederajat Rp 2 juta/tahun maksimal 3 tahun, SMA/sederajat Rp 3 juta/tahun maksimal 3 tahun, dan pendidikan S-1/pelatihan Rp 12 juta/tahun, maksimal 5 tahun.

Menurut Erni, pengajuan dapat dilakukan tiap tahun. Bagi anak peserta yang belum memasuki usia sekolah pada saat meninggal dunia, beasiswa diberikan saat anak masuk usia sekolah. "Tenang saja, bantuan akan langsung diproses jika memang sudah memenuhi persyaratan," jelasnya.

Erni menambahkan,“Saat ini kami telah berhasil membayarkan bantuan beasiswa kepada 63 tenaga kerja senilai Rp. 672.500.000, untuk 91 anak tenaga kerja, TK 6 Orang, SD 32 Orang, SMP 16 Orang, SMA 20 Orang dan Perguruan Tinggi 17 Orang, ”.

Erni juga berharap bantuan beasiswa yang dirasakan anak dari peserta BPJAMSOSTEK tersebut dapat bermanfaat untuk keberlanjutan pendidkan anak. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...
Antara

Pertumbuhan Awan Meningkat, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Senin, 2 Agustus 2021

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 22:05 WIB
POLA perlambatan kecepatan angin menunjukkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah besok, Senin, 2 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya