Rabu 12 Mei 2021, 14:22 WIB

Besok Lebaran, Bayar Zakat Fitrah di BAZNAS Tinggal Klik

mediaindonesia.com | Humaniora
Besok Lebaran, Bayar Zakat Fitrah di BAZNAS Tinggal Klik

DOK BAZNAS

 

BULAN Ramadan 1442 H akan segera berakhir. Dan besok' umat muslim di seluruh Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sebelum berakhirnya Ramadan tahun ini, sebaiknya tak melupakan kewajiban menunaikan zakat fitrah.

Bagi Anda yang ingin menunaikan zakat, bisa membayarkannya melalui BAZNAS. Membayar zakat di BAZNAS bisa dilakukan di mana pun. Karena BAZNAS membuka layanan digital pembayaran zakat.

Jadi Anda cukup mengklik link https://baznas.go.id/bayarzakat. Lalu isi sesuai data yang diperlukan dan lakukan pembayaran secara mudah melalui transfer bank atau dompet digital lainnya.

Baca Juga: Baznas Sediakan Layanan Jemput Zakat, Muzaki Hanya Tunggu di Rumah

Sebelum membayar, jangan lupa membaca niat zakat fitrah: “Nawaytu An Ukhrija Zakaata Al-fitri Anni Wa An Jami’i Ma Yalzimuniy Nafaqatuhum Syar’an Fardhan Lillahi Ta’ala.” “Aku Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah Untuk Diriku Dan Seluruh Orang Yang Nafkahnya Menjadi Tanggunganku Fardhu Karena Allah Taala.”

Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000 per jiwa.

BAZNAS akan menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk beras kepada mustahik di seluruh Indonesia. Termasuk bagi keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19.

Zakat Fitrah ditunaikan sejak awal Ramadan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Sementara itu, penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat) paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. (RO/OL-10)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kapasitas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polri masih Lemah

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 13:08 WIB
Kasus tersebut harus menjadi cerminan bagi pemerintah agar memperkuat kapasitas dan kewenangan unit pelayanan perempuan dan anak di...
DOK JW MARRIOT

SBCO Meriahkan Suasana Natal di JW Marriott Hotel Surabaya 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 13:04 WIB
SBCO didesain dengan suasana elegan dan santai dibalut dengan paduan warna greent mint yang...
Dok. Korea Foundation

Korea Foundation akan Gelar Seri Kuliah Post Human & Art

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:42 WIB
Kuliah itu dirancang untuk memotivasi ide dan wacana baru tentang seni rupa di era pasca-manusia dengan mengundang para ahli, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya