Senin 03 Mei 2021, 11:32 WIB

Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pelaku Usaha di Jakarta

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pelaku Usaha di Jakarta

Dok. Thamrin City
Presiden Joko Widodo meninjau sentra vaksinasi di Thamrin City

 

PRESIDEN Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada pelaku usaha perdagangan di Thamrin City dan Grand Indonesia, Jakarta, Senin (3/5).

"Pada pagi hari ini, saya melihat dan meninjau program vaksinasi yang dilakukan di Thamrin City dan Grand Indonesia, agar seluruh pelayan toko dan yang berusaha di kawasan pertokoan, di mal, semuanya bisa divaksinasi," kata Jokowi di Grand Indonesia.

Presiden melakukan peninjauan didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P Roeslani, dan pejabat terkait lainnya.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Batalkan Kebijakan Liburan Saat Lebaran

"Kita harapkan (vaksinasi) itu bisa memperlambat, mengurangi, dan menghilangkan penyebaran covid-19," kata Presiden.

Presiden Jokowi kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun.

"Saya juga ingin terus mengajak kita semuanya untuk ke mana pun selalu, selalu memakai masker, memakai masker, dan memakai masker," katanya.

Presiden, Minggu (2/5), juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan covid-19 meski kurva penularan penyakit itu melandai sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro dan pelaksanaan program vaksinasi massal.

Jumlah kasus aktif covid-19 di Indonesia menurun ke angka 100.760 dan angka kesembuhan pasien covid-19 meningkat bersamaan dengan penurunan kasus harian.

Kepala Negara mengingatkan bahwa perkembangan positif itu tidak boleh menimbulkan kelengahan.

"Jangan merasa sudah aman. Belum! Upaya menekan kasus aktif ini harus terus dilakukan dan sangat bergantung dengan kedisiplinan kita, kita
semua, dalam menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Presiden juga meminta para kepala daerah terus mengingatkan warga agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dan bersinergi dengan pemerintah pusat memberlakukan larangan mudik Lebaran bagi warganya tahun ini.

Tiba sekitar pukul 08.0WIB di Thamrin City, Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi yang ada di lantai 3 pusat perbelanjaan itu. Secara detail kepala negara memperhatikan tahapn vaksinasi dari satu meja ke meja lainnya.

"Sentra vaksinasi di mal ini menyasar pelaku UKM dan pelayanan publik, serta karyawan yang bekerja di pusat belanja di DKI Jakarta. Thamrin City merupakan salah satu sentra vaksinasi di Jakarta Pusat," kata Mualim Wijoyo, CEO TM Thamrin City.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, disiapkan 95.700 dosis vaksin untuk 85 pusat belanja anggota APPBI di Jakarta. Vaksinasi diiniasai oleh beberapa asosiasi seperti Kadin,APPBI, Apindo, dam Hipindo.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per 2 Mei 2021, jumlah akumulatif kasus covid-19 di Indonesia total 1.677.274 kasus dengan jumlah penderita yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 1.530.718 orang dan pasien yang meninggal dunia seluruhnya 45.796 orang.

Sementara itu, penyuntikan vaksin covid-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 12.457.164 orang dan jumlah warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi, sudah dua kali mendapat suntikan vaksin, sebanyak 7.678.485 orang.

Pemerintah berencana memvaksinasi 181,5 juta warga guna mewujudkan kekebalan kelompok terhadap covid-19. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A

Putus Penularan Covid-19, Abbott Panbio Antigen Nasal Dukung 3T

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 01:04 WIB
“Abbott fokus untuk membawa serangkaian alat tes Covid-19 yang andal, cepat, akurat dan nyaman ke Indonesia secepat mungkin untuk...
Dok. Pribadi

Dua Hari Besar Keagamaan, Menteri Johnny : Anugerah Persaudaraan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 00:30 WIB
Menteri Johnny menyatakan perayaan Idulfitri selalu identik dengan momentum silaturahmi yang penuh dengan kasih sayang dan...
Dok Pribadi

Saleh Husin Berbagi Pengalaman Nongkrong di Emperan Kantor

👤Mediaindinesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:31 WIB
Peristiwa yang terjadi pada 6 Desember 2014 itu akibat helikopter yang ditumpanginya terpaksa harus melakukan pendaratan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya