Kamis 29 April 2021, 19:55 WIB

Tingkatkan Literasi, Jasindo Bangun Taman Baca di Ciamis

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Tingkatkan Literasi, Jasindo Bangun Taman Baca di Ciamis

Dok. Jasindo
Taman baca Jasindo di Desa Cobadak, Ciamis

 

PT Asuransi Jasa Indonesia atau biasa dikenal sebagai Asuransi Jasindo bekerja sama dengan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) membangun taman baca di Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Taman baca yang dibangun dengan konsep industrial itu dilengkapi dengan fasilitas 500 buku bacaan dengan tema buku cerita islami, Alquran, Iqra, pengetahuan umum, buku cerita anak, ilmu geologi dan lain-lain. Dengan hadirnya taman baca yang mengusung konsep unik dengan koleksi buku yang beragam ini diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar untuk berkunjung.

Head of CSR & PKBL Asuransi Jasindo Niniek Mumpuni mengatakan, kehadiran taman baca merupakan salah satu hal positif dan perlu didukung oleh semua pihak. Niniek berharap dengan dibangun taman baca ini bisa menjadi salah satu fasilitas penggerak yang menciptakan generasi muda ber-akhlakul karimah.

"Ini merupakan salah satu program kami. Kami berharap semoga dengan adanya taman baca tersebut bisa bermanfaat dan menjadi berkah bagi masyarakat wilayah Cibadak," tuturnya.

Ketua Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) Putra Aditya Hidayat mengatakan, kehadiran taman baca tak hanya menjadi sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi namun juga mampu membentuk karakter seseorang tentang cara berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Kawasan Wisata Bandung Barat Tetap Buka Selama Larangan Mudik

"Sesuai degan visi misi YBKB yaitu menciptakan kehidupan yang lebih baik terutama dalam bidang pendidikan," ucapnya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis memberikan apresiasi terhadap pembangunan taman baca di wilayahnya. 

"Saya ucapkan terima kasih telah memilih Kecamatan Banjarsari untuk membangun perpustakaan yang memiliki tujuan mendukung kegiatan literasi di daerah," kata Wiwin, Kabid Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis 

Menurut Wiwin, salah satu faktor penyebab rendahnya literasi warga karena kurangnya fasilitas bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca mereka. 

"Mudah-mudahan dengan adanya Taman Baca Jasindo menjadi jawaban untuk meningkatkan itu semua," imbuhnya.

Ketua Karang Taruna Desa Cibadak, Ilham, pun menyambut positif kehadiran taman baca ini dan menyebutnya sebagai salah satu cita-cita bersama yang terwujud. Ilham dan kawan-kawan akan mengadakan kegiatan rutin pekanan seperti aktivitas menanam, lomba menggambar, membuat roket mainan, dan lain-lain sebagai salah satu program penunjang taman baca. (RO/OL-7)

Baca Juga

organicfacts.net

Dua Dokter Berkolaborasi Mengubah Standar Kecantikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:28 WIB
Kami ingin mengubah sudut pandang orang nggak ada yang instan dan cantik nggak harus...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Lima Provinsi Penyumbang Kasus Harian Covid-19 Terbanyak

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:10 WIB
DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang kasus terbanyak dengan jumlah 104 orang. Terdiri dari 92 kasus penularan lokal dan 12 kasus dari...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Banyak CPNS Mengundurkan Diri, Sosiolog: Lulusan Terbaik Enggan jadi PNS

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:58 WIB
Budaya kerja birokrasi yang penuh penyimpangan anggaran serta sistem karir yang politis dan kolusi juga menurutnya menjadi faktor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya