Selasa 23 Maret 2021, 15:55 WIB

JK: Vaksinasi Akan Dilakukan di Masjid untuk Tingkatkan Jangkauan

Emir Chairullah | Humaniora
JK: Vaksinasi Akan Dilakukan di Masjid untuk Tingkatkan Jangkauan

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Vaksinasi COVID-19 Sinovac kepada pengurus dan jamaah masjid, di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar, Sulawesi Selatan.

 

KETUA Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyebutkan masjid bisa tempat vaksinasi Covid-19 bagi warga RT/RW sekitar lingkungan tempat ibadah tersebut. Langkah ini menyusul kesepakatan antara Kementerian Kesehatan dan DMI belum lama ini.

“Dua malam lalu saya baru melaksanakan persetujuan dengan Menteri Kesehatan bahwa mulai bulan depan vaksin akan diadakan di masjid,” kata Kalla dalam keterangan persnya, hari ini.

Kalla menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi bakal dilakukan di masjid yang besar dan mempunyai fasilitas pendukung. “Masjidnya juga mempunyai fasilitas yang baik seperti aula, selasar, halaman yang luas dan ruangan yang bisa dipakai untuk vaksin,” jelasnya.

Kalla beranggapan apabila vaksinasi hanya dilakukan di pusat-pusat kota maka target untuk memberi vaksin kepada 1 juta orang per-hari tidak akan bisa tercapai. Di sisi lain target tersebut harus bisa dicapai demi menciptakan imunitas di tengah masyarakat terhadap virus covid-19.

Baca juga: Wisma Atket Kemayoran Genap Satu Tahun Jadi RS Darurat Covid-19

“Untuk itu dibutuhkan ribuan tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan memiliki sarana penunjang pelaksanaan vaksinasi, dan masjid memenuhi syarat untuk itu karena mempunyai fasilitas pendukung pelaksanaan vaksin,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan ibadah sholat tarawih pada bulan suci ramadhan yang dilakukan dalam waktu dekat, JK meminta agar sholat jamaah pada malam bulan suci ramadhan tersebut dapat dilakukan secara bergiliran.

Mengingat kewajiban menjaga jarak terkait protokol kesehatan Covid-19 membuat daya tampung masjid menurun menjadi hanya 40% dari daya tampung sebenarnya.

“Untuk itu kita harus memberi kesempatan jamaah yang lain untuk melaksanakan ibadah sholat taraweh dengan membaginya menjadi 2 shift,” pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya