Kamis 04 Maret 2021, 20:41 WIB

Pemkot Makassar Ambil Alih Perampungan Masjid 99 Kubah

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pemkot Makassar Ambil Alih Perampungan Masjid 99 Kubah

NTARA FOTO/Abriawan Abhe
Masjid 99 kubah dilihat dari Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulsel.

 

Pemerintah Kota Makassar siap mengambil alih perampungan pembangunan masjid 99 kubah dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan karena sudah bertahun-tahun terbengkalai.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis (4/3), mengatakan, dirinya banyak menerima aduan dan harapan dari masyarakat mengenai perampungan pembangunan masjid 99 kubah yang berada di Kawasan Center Points of Indonesia (CPI) Makassar.

"Masjid 99 kubah adalah ikon baru Kota Makassar, banyak harapan warga akan masjid itu dan saya pun berharap besar agar masjid tersebut bisa segera dirampungkan," ujarnya.

Ia mengatakan, lambatnya proses perampungan pembangunan itu membuatnya berinisiatif untuk melanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah tersebut, tetapi sebelum itu terjadi dirinya masih harus menjalin koordinasi dengan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

"Kami coba koordinasi dulu dengan Pemprov melalui pak Plt Gubernur untuk solusinya. Kalau disetujui, maka Pemkot ambil alih, tuntaskan pembangunannya," katanya.

Danny mengatakan, dari awal pembangunan pada 2017 memang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan pemancangan awal oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang saat itu masih menjabat.

Pembangunan masjid 99 kubah yang luas bangunannya 72 X 45 meter itu diperkirakan menelan biaya Rp160 miliar yang berasal dari APBD. Masjid tersebut nantinya dapat menampung 13.075 jamaah.

Namun setelah hampir empat tahun setelah pembangunan, masjid yang langsung dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat Wali Kota Bandung tersebut tidak kunjung selesai.

Berbagai kalangan yang terhimpun dalam grup aplikasi pesan WhatsApp kemudian menggalang donasi untuk perampungan masjid tersebut hingga akhirnya terkumpul dana sekitar hampir Rp400 juta demi membantu pembangunan tersebut.

"Harapan besar dari banyak muslim di Sulsel ingin beribadah di masjid 99 kubah. Warga dari luar Sulawesi saja menaruh harapan besar, apalagi kita di Sulsel," ucap salah seorang warga Makassar Suwadi Idris. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya