Rabu 03 Maret 2021, 18:15 WIB

Negara Rugi Rp22,8 Triliun setiap Tahun akibat Bencana

Andhika Prasetyo | Humaniora
Negara Rugi Rp22,8 Triliun setiap Tahun akibat Bencana

Antara/Raisan Al Farisi.
Pekerja mengoperasikan alat berat untuk mengeruk Sungai Cikilei yang merupakan anak Sungai Citarum di Arcamanik, Bandung Jawa Barat.

 

BENCANA alam masih menjadi salah satu momok bagi pemerintah. Setiap tahun dalam sepuluh tahun terakhir rata-rata 1.183 orang meninggal dunia akibat berbagai bencana. Dari sisi materiel, negara juga mengalami kerugian rata-rata Rp22,8 triliun per tahun.

Melihat data-data yang fenomenal itu, pemerintah tidak tinggal diam. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo mengungkapkan pemerintah telah berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan dan kesiapsiagaan.

"Pemerintah telah melibatkan para pakar dalam upaya memprediksi ancaman bencana dan memperkuat sistem peringatan dini," ujar Doni dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3). Lebih jauh lagi, berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan saat ini juga telah dilandaskan pada pengurangan risiko bencana.

"Melalui pendekatan kolaborasi pentaheliks, pemerintah bersama akademisi, dunia usaha, komunitas relawan, dan media terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan mulai dari tingkat individu, keluarga, dan masyarakat. Literasi kebencanaan sejak dini juga senantiasa kami perkuat dalam setiap kesempatan," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Mahfud Minta Kepala Daerah Konsisten Haramkan Mudik

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 15 April 2021, 09:42 WIB
Pemerintah pusat tidak bisa bekerja sendiri melarang masyarakat untuk bepergian. Bantuan kebijakan kepala daerah diperlukan untuk membuat...
ANTARA FOTO/ David Muharmansyah

Pancasila dan Bahasa Indonesia Mata Kuliah Wajib di Universitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 09:17 WIB
Sesuai Peraturan Pemerintah No 57 tahun 2021 disebutkan mata kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia tetap menjadi mata kuliah wajib di...
Instagram @jokowi

Presiden: Penanganan Kesehatan & Pemulihan Ekonomi Harus Seimbang

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 15 April 2021, 05:29 WIB
Dua hal tersebut harus berjalan secara beriringan dan seimbang agar krisis akibat pandemi betul-betul bisa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya