Selasa 02 Maret 2021, 23:34 WIB

Puan: Kecepatan Vaksinasi Covid-19 Bergantung Kesiapan Puskesmas

Mediaindonesia.com | Humaniora
Puan: Kecepatan Vaksinasi Covid-19 Bergantung Kesiapan Puskesmas

Ist/DPR
DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani.

 

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bahwa kecepatan terealisasinya vaksinasi Covid-19 sangat bergantung pada kesiapan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di seluruh Indonesia.

"Puskesmas menjadi ujung tombak pelaksanaan program vaksinasi Covid-19," kata dia saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (2/3).

Menurut mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, dengan memiliki tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmas yang andal, seperti di Puskesmas Kabat, maka proses vaksinasi berlangsung lancar.

"Lewat puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi, sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi," kata politikus PDIP itu.

Puan Maharani juga menyempatkan berdialog dengan tenaga kesehatan di Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya.

"Alhamdulillah, sejauh ini semua berjalan lancar. Kami terus meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksin kepada target sasaran. Di semua puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat," tutur dia.

Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin atau setara 17.070 sasaran vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini, tercatat sekitar 11.000 warga divaksin, dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai total sasaran. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Metro TV/Robby Pratama

BNPB Ingatkan 30 Kepala Daerah Waspadai Potensi Bibit Siklon 94W

👤Robby Pratama 🕔Rabu 14 April 2021, 14:42 WIB
Kewaspadaan itu untuk menekankan pada peringatan dini dan langkah-langkah kesiap siagaan, termasuk evakuasi dan penyampaian...
Ist/Universitas Andalas

Universitas Andalas Sukses Menggelar ACCOUNTS 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 14:41 WIB
Sesuai dengan namanya yaitu Andalas Accounting National Events, ACCOUNTS merupakan acara tingkat nasional dari Himpunan Mahasiswa Jurusan...
Ilustrasi

Gempa Banten, BMKG Sebut tidak Berpotensi Tsunami

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 14 April 2021, 14:33 WIB
Daryono menyatakan episenter terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya