Senin 22 Februari 2021, 17:40 WIB

SMA Kanisius Gelar Eksibisi Karya Tulis Daring

Humaniora | Humaniora
SMA Kanisius Gelar Eksibisi Karya Tulis Daring

Dok SMA Kanisius
SMA Kanisius Jakarta menyelenggarakan presentasi dan eksibisi karya tulis siswa secara daring, Senin (15/2).

 

SMA Kanisius Jakarta  menyelenggarakan presentasi dan eksibisi karya tulis siswa secara daring, pekan lalu. Karya yang dipresentasikan adalah penelitian siswa kelas XII dari cabang Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kepala Sekolah SMA Kolose Kanisius, Eduard C. Ratu Dopo mengungkapkan, kegiatan tersebut telah berlangsung sejak semester 1 Tahun Ajaran 2020-2021.

"Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh generasi muda Indonesia saat ini adalah berpikir kritis, kreativitas dan inovasi, komunikasi, dan berkolaborasi," kata Eduard, di Jakarta (15/2).

Baca juga: Vaksinasi Guru dan Pendidik Diharapkan Percepat PTM Nasional

Ia menambahkan, keempat kompetensi tersebut perlu dilatih sejak dini melalui pola pembelajaran yang mengacu pada konsep STELAM. Konsep STELAM, lanjutnya, adalah konsep pembelajaran yang menggabungkan beberapa disiplin ilmu seperti Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), Bahasa (Language), Seni (Art), dan Matematika (Mathematic). 

Karena pandemi covid-19, semua kegiatan penelitian yang dilakukan para siswa berlangsung di dalam rumah masing-masing. Setiap aktivitas penelitian dilakukan melalui kolaborasi digital antara para rekan kelompok dan guru pembimbing. 

Materi penelitian yang menekankan kajian literatur dan percobaan yang menggunakan berbagai aspek dari dalam rumah menjadi tantangan yang berhasil dijawab oleh para siswa SMA Kanisius dalam merespon tantangan zaman melalui aktivitan penelitian ilmiah.

Selain presentasi karya tulis, hasil karya tulis dipamerkan secara daring melalui aplikasi C-XLENCE yang wajib diunduh oleh seluruh peserta didik SMA Kanisius. 

Kegiatan C-XLENCE yang dilakukan oleh kelas XII dari cabang Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada tahun ini mengambil tema “Voicing The Facts Amid The World Challenges”. Tema yang memiliki arti menyuarakan fakta di tengah tantangan dunia diambil sebagai representasi dari situasi zaman masa kini yang dipenuhi oleh berbagai fenomena kehidupan sosial masyarakat saat ini. (H-3)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

KLHK Sebut Titik Panas di Provinsi Riau Menurun 12,2%

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 28 Februari 2021, 16:34 WIB
Penanggulangan karhutla selain melalui operasi penanggulangan dari darat juga dilakukan dukungan operasi melalui...
MI/Agus Utantoro

KAI Hadirkan Kembali Livery Lokomotif Periode 1953-1991

👤Putri Anisa Yuliani, Agus Utantoro 🕔Minggu 28 Februari 2021, 15:57 WIB
Lokomotif dengan livery vintage bentuk adaptasi dan apresiasi KAI untuk semakin dekat dengan masyarakat. Sekaligus wujud edukasi...
Dok BBKSDA NTT.

KLHK Sebut Bayi Hiu Menyerupai Manusia di Rote Alami Cacat Bawaan

👤Atalya Puspa, Palce Amalo 🕔Minggu 28 Februari 2021, 12:18 WIB
Mata yang tidak bermigrasi saat pembentukan embrio, yaitu berada pada bagian ventral, mengindikasikan adanya cacat bawaan atau congenital...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya