Sabtu 13 Februari 2021, 13:05 WIB

Penelitian Mutasi Virus Sars-CoV-2 di Indonesia Masih Berjalan

Atalya Puspa | Humaniora
Penelitian Mutasi Virus Sars-CoV-2 di Indonesia Masih Berjalan

AFP-National Institutes of Health
Ilustrasi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19

 

Beberapa negara telah menemukan adanya mutasi covid-19. Sejauh ini, di Indonesia masih belum ditemukan adanya mutasi virus. Menurut Ketua Indonesian Technical Advisory Gorup on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Syaraswati Hadinegoro, sampai sekarang para peneliti masih mencari tahu apakah betul mutasi covid-19 sudah terjadi di Indonesia.

“Menempelnya ada suatu mekanisme seperti lock and screw, masuk seperti kunci yang disebut reseptor. Itu yang disebut RBD (receptor binding-domain). Di situlah yang kemudian bermutasi. Kalau bermutasinya itu banyak sehingga RBD-nya terganggu maka akan mempengaruhi vaksin,” jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (13/2).

Baca juga: Pemerintah Harus Memastikan Ketersediaan Dosis Vaksin Covid-19

Di sisi lain, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan mengungkapkan bahwa salah satu sifat virus itu adalah cepat berubah dan cepat menyebar.

“Potensi mutasi virus akan terus terjadi. Maka prinsip dasar dalam penanganan virus adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M,” tegasnya.

Mengenai mutasi virus, Ede menyarankan dan mendorong pemerintah untuk memberikan semacam dukungan dana bagi pusat-pusat penelitian yang bisa melakukan penelitian terhadap virus itu sehingga perkembangan virus terpantau. “Penelitian terhadap virus ini harus dilakukan disamping juga penelitian dan pemantauan terhadap dampak imunisasi,” imbuhnya.

Menurut Ede, hal ini perlu dilakukan supaya ketika virus ini ada perubahan perilaku akibat mutasi maka bisa segera ditentukan apa yang terjadi.

“Apakah kecepatan penyebaran atau tingkat keseriusannya, karena masing-masing penanganannya akan berbeda,” ujarnya. (H-3)

Baca Juga

Ist

Penyakit Gagal Ginjal Harus Ditangani Secara Komprehensif

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 28 September 2022, 18:58 WIB
Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia Tony Richard Samosir menilai penyakit gagal ginjal akan sangat terbantu dengan adanya...
DOK Instagram.

Asmaul Husna: Allah Al-Halim Maha Toleran kepada Pelaku Maksiat

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 28 September 2022, 18:52 WIB
Kali ini mari kita pahami salah satu asmaul husna atau nama-nama terindah Allah SWT yaitu Al-Halim. Arti asmaul husna Al-Halim yaitu Maha...
Ist

Redless V-Beam Laser Cara Efektif Atasi Masalah Jerawat

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 18:43 WIB
Selain itu, terdapat Pico Laser yang multi-fungsi yang berguna untuk menyamarkan bopeng bekas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya