Selasa 12 Januari 2021, 14:45 WIB

Kepala Lembaga Eijkman Yakin Vaksin Jadi Solusi Pandemi Covid-19

Faustinus Nua | Humaniora
Kepala Lembaga Eijkman Yakin Vaksin Jadi Solusi Pandemi Covid-19

MI/Andry Widyanto
Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof.Amin Soebandrio.

 

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof.Amin Soebandrio, optimistis keberadaan vaksin menjadi solusi penting dalam mengatasi pandemi Covid-19. Pasalnya, kehadiran berbagai jenis vaksin selama ini sudah terbukti bisa mengatasi sejumlah wabah virus di dunia.

"Kalau ditanya saya pribadi saya optimis vaksin ini akan manjadi solusi penting pandemi ini. Solusi yang terukur," ungkap Prof.Amin dalam acara yang bertemaVirus Corona Bermutasi, Mampukah Vaksin Menangkalnya, di kanal Youtube Klikdoktercom, Selasa (12/1).

Dijelaskan Amin, dunia sudah mengenal vaksin sejak lama. Bahkan vaksin cacar sudah ada sejak 200 tahun lalu dan itu terbukti mampu menangkal wabah virus.

Di Indonesia pun, masyarakat sudah terbiasa dengan berbagai jenis vaksin. Namun yang berbeda adalah vaksin Covid-19 merupakan jenis vaksin baru. Apalagi, penelitian terkait virus korona masih terus berkembang dengan berbagai macam gejalanya.

"Kita tahu gejala finisnya makin gak jelas, makin banyak yang tidak spesifik sampai ada yang sebagian besar malah OTG," ujar Prof.Amim.

Meski penelitian terkait virus memang terus berkembang di mana munculnya mutasi virus, begitu pun dengan penelitian pengembangan vaksin, Amin tetap menekankan vaksin yang hadir saat ini merupakan salah satu kunci. Untuk itu, kepatuhan terhadap protokol kesehatan lainnya juga harus berjalan beriringan agar bisa mencapai kekebalan komunitas.

"70% lebih masyarakat kebal itu salah satunya yang dianggap paling elegan dan terukur adalah vaksin. Jadi bagaimana pun kita akan menunggu vaksin walaupun vaksin bukan satu-satunya. Artinya jngan sampai dianggap ada vaksin terus selesai, masker dibuka, trus kita boleh santai," tandas Prof.Amin.(Van/OL-09)

Baca Juga

Ist

AH YAT Abalone Forum Restaurant Malang Siap Sajikan Paket Imlek

👤mediaiindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:28 WIB
Untuk perayaan tahun baru Imlek ini, AH Yat Abalone Malang menawarkan dengan package family dinner dan individual dinner yang dapat...
AFP

KIPI: Semua Penerima Vaksin Covid-19 Sehat

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:27 WIB
Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-imunisasi (Komnas KIPI) menyebutkan tidak ada dampak serius paska imunisasi covid-19. Program...
MI- Kristiadi/Humas Basarnas Bandung

Longsor Cihanjuang, Perlu Penguatan Mitigasi

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:20 WIB
Drainase yang tidak baik juga menjadi faktor yang mengakibatkan mudahnya kemungkinan longsor apabila terjadi curah hujan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya