Kamis 07 Januari 2021, 19:45 WIB

Presiden: Istiqlal Harus Jadi Pelopor Dakwah Moderasi Islam Dunia

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Istiqlal Harus Jadi Pelopor Dakwah Moderasi Islam Dunia

ANTARA/Nova Wahyudi
Renovasi Masjid Istiqlal telah rampung 100 persen.

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Masjid Istiqlal, Jakarta, yang telah selesai dipugar, pada Kamis (7/1). Presiden berharap dengan kondisi yang lebih bagus, lebih bersih, dan lebih mewah, masjid terbesar di Asia Tenggara itu dapat terus menjadi tempat yang dituju sebagai sarana meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Masjid Istiqlal juga harus bisa menjadi lokasi pusat pemberdayaan umat sekaligus pelopor dakwah moderasi muslim dunia. "Sebagai masjid terbesar di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Istiqlal harus bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid di negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan perdamaian," ujar Jokowi.

Kepala negara juga mengingatkan bahwa Istiqlal direnovasi bukan untuk gagah-gagahan. Masjid yang memiliki arti kemerdekaan itu merupakan warisan yang harus dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya umat muslim semata.

"Karena pada awalnya, masjid ini didirikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah yang setelah bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan. Jadi Istiqlal bukan hanya kebanggaan umat Islam melainkan seluruh bangsa Indonesia," jelasnya.

Masjid Istiqlal mulai direnovasi sejak 2019 dengan total anggaran sebesar Rp511 miliar. Pemugaran kali ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun silam.

"Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi lebih indah. Lantainya sudah lebih berkilau. Tata cahayanya juga sudah modern dan sungai yang membelah masjid ini semakin bersih dan rapi," tutur mantan Wali Kota Solo itu. (OL-14)

Baca Juga

Isitimewa

Macetnya Pembayaran Insentif Nakes karena Kurang Koordinasi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:00 WIB
BELUM dibayarkannya insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) menjadi salah satu penyebab rendahnya serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Wiku Adisasmito Positif Covid-19, Serukan Disiplin Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 18:49 WIB
Wiku menegaskan saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja dan hal yang terpenting optimistis nanti dapat segera...
DOK SATWALPRESS.

Wapres Minta Ormas Islam Jaga Kekuatan melalui Komitmen Islah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 18:30 WIB
Wapres mengajak untuk memberikan apresiasi terhadap kiprah perjuangan dari Syekh Sulaiman Arrasuli yang sangat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya