Kamis 07 Januari 2021, 19:45 WIB

Presiden: Istiqlal Harus Jadi Pelopor Dakwah Moderasi Islam Dunia

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Istiqlal Harus Jadi Pelopor Dakwah Moderasi Islam Dunia

ANTARA/Nova Wahyudi
Renovasi Masjid Istiqlal telah rampung 100 persen.

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Masjid Istiqlal, Jakarta, yang telah selesai dipugar, pada Kamis (7/1). Presiden berharap dengan kondisi yang lebih bagus, lebih bersih, dan lebih mewah, masjid terbesar di Asia Tenggara itu dapat terus menjadi tempat yang dituju sebagai sarana meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Masjid Istiqlal juga harus bisa menjadi lokasi pusat pemberdayaan umat sekaligus pelopor dakwah moderasi muslim dunia. "Sebagai masjid terbesar di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Istiqlal harus bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid di negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan perdamaian," ujar Jokowi.

Kepala negara juga mengingatkan bahwa Istiqlal direnovasi bukan untuk gagah-gagahan. Masjid yang memiliki arti kemerdekaan itu merupakan warisan yang harus dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya umat muslim semata.

"Karena pada awalnya, masjid ini didirikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah yang setelah bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan. Jadi Istiqlal bukan hanya kebanggaan umat Islam melainkan seluruh bangsa Indonesia," jelasnya.

Masjid Istiqlal mulai direnovasi sejak 2019 dengan total anggaran sebesar Rp511 miliar. Pemugaran kali ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun silam.

"Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi lebih indah. Lantainya sudah lebih berkilau. Tata cahayanya juga sudah modern dan sungai yang membelah masjid ini semakin bersih dan rapi," tutur mantan Wali Kota Solo itu. (OL-14)

Baca Juga

Biro Setpres

Kemenkes Siapkan Lima Juta Pramuka Jadi Nakes Cadangan

👤Ant 🕔Rabu 01 Desember 2021, 23:56 WIB
Nakes cadangan akan berperan saat Indonesia berperang melawan wabah virus maupun bencana...
Dok. Pribadi

Inovasi Dorong Ekosistem Pelayanan Kesehatan yang Efisien

👤Mediaindoensia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 23:43 WIB
"Selama pandemi sangat banyak inovasi-inovasi di bidang kesehatan yang berhasil ditelurkan anak-anak...
Dok. Bumame farmasi

Bumame Farmasi Ikut Jaga Protokol Kesehatan di Indonesia Badminton Festival 2021. 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:44 WIB
"Menjadi bagian dari perhelatan kompetisi badminton skala internasional yang melibatkan banyak atlet-atlet kelas dunia, kami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya