Rabu 09 Desember 2020, 15:39 WIB

Pekerja WFH Tetap Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pekerja WFH Tetap Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi
BPJS Ketenagakerjaan.

 

PEKERJA yang melakukan pekerjaan dari rumah (work from home/WFH) tetap mendapatkan perlindungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"BPJS Ketenagakerjaan membuat kebijakan bahwa tetap melindungi tenaga kerja yang WFH. Jadi bekerja dari rumah, maka rumah tersebut dianggap sebagai tempat kerja," kata Asisten Deputi Bidang Kebijakan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan, Suci Rahmad saat webinar Kebijakan Mitigasi Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Ekonomi Gig Selama Pandemi Covid-19, Rabu (9/12).

Menurut Suci kebijakan tersebut masih terbilang baru dan masih terus didiskusikan dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca juga : BPJS Kesehatan Raih Internasional ASSA Recognition Award

Namun, kebijakan baru tersebut memiliki tantangan tersendiri yakni WFH diterapkan dan pekerja tersebut bekerja di tempat umum seperti cafe, tempat makan atau lainnya sehingga perlu pengawasan.

"Oleh karena itu perlu adanya laporan dari perusahaan yang terjadwal ketika WFH atau bekerja di kantor harus dilaporkan dengan baik," ujar Suci.

Sementara untuk pekerja lepas (gig workers) tetap mendapatkan perlindungan selama pandemi covid ini sesuai dengan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

"Sehingga perlindungan kecelakaan kerja sesuai dengan pekerjaanya. Sementara jaminan kematian tentunya yang meninggal dunia di luar kecelakaan kerja," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Freepik

Orangtua Diharap Pahami Digital Parenting

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:15 WIB
"Kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi dan konten digital perlu adanya pengawasan dan batasan agar anak terhindar dari...
Dok. Atria Hotel Gading Serpong

Gelar Atria Weddng Fair x Ohana Enterprise, Atria Gading Serpong Siapkan Hadiah Prewedding di Seoul

👤Mediaidonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 12:48 WIB
"Kali ini kami menghadirkan kurang lebih 30 vendor pernikahan profesional, mulai dari hiburan, catering, baju pengantin, souvenir,...
Dok BRIN

Tim Peneliti Arkeologi BRIN Temukan Seni Figuratif Tertua di Dunia

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 12:30 WIB
Temuan ini menggeser paradigma arkelogi Indonesia dan memperkaya pengetahuan tentang evolusi kognitif di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya