Selasa 08 Desember 2020, 07:30 WIB

Peneliti: Skor PISA Dipengaruhi Indeks Kedisiplinan dan Membaca

Humaniora | Humaniora
Peneliti: Skor PISA Dipengaruhi Indeks Kedisiplinan dan Membaca

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Sejumlah bocah membaca buku yang dipinjamkan secara gratis di Kampung Literasi RW 08, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (2/8/2019).

 

INDEKS kedisiplinan, rasa senang membaca dan strategi metakognisi membaca memiliki pengaruh positif terhadap capaian Programme for International Student Assessment (PISA) 2018.  

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kedisiplinan, rasa senang membaca dan strategi metakognisi membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap skor membaca siswa Indonesia pada PISA 2018 atau Program Penilaian Pelajar Internasional,” kata peneliti Pusat Penelitian dan Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Fransisca Nur’aini Krisna saat memaparkan hasil penelitiannya berjudul Analisis Hasil-hasil PISA sebagai Bahan Rekomendasi Peningkatan Mutu Pembelajaran, Senin (7/12).

Baca juga: IYCS-2020, Wadah Generasi Muda dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Ia mengungkapkan, ketiga indeks tersebut berpengaruh positif terhadap skor matematika siswa Indonesia pada PISA 2018.

Fransisca merekomendasikan guru untuk mempunyai passion sebagai seorang guru, sehingga merasa senang, nyaman dan antusias dalam mengajar. Guru perlu menjaga iklim kedisiplinan dalam kelas, meningkatkan rasa senang membaca siswa dan mengoptimalkan praktik pembelajaran yang berpengaruh positif terhadap siswa.

Guru, imbuhnya, juga perlu melakukan upaya peningkatan kapasitas diri mulai dengan mencari berbagai sumber informasi, terkait umpan balik, metakognisi melalui buku, video pembelajaran, pelantar pembelajaran, pelatihan loka karya dan kegiatan lain.

“Selain itu, juga perlu menggali kreativitas diri dalam mengembangkan teknik atau metode pembelajaran, sehingga dapat melakukan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan,” paparnya.

Ia juga merekomendasikan kepala sekolah untuk mengupayakan berbagai hal yang dapat menfasilitasi peningkatan kompetensi guru dan peningkatan literasi siswa.

Sementara bagi pengawas sekolah, sebagai manajer sekolah perlu mengupayakan berbagai hal yang dapat menfasilitasi peningkatan kompetensi guru dan peningkatan literasi siswa.

“Pemerintah dan pemerintah daerah juga dapat membuat program atau kebijakan yang mendukung peningkatan kompetensi guru dalam praktik mengajar,” ujarnya. (Ant/H-3)

Baca Juga

Antara

Mencapai Net Zero Emission 2030-2035 Mengunakan Teknologi Nuklir

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:32 WIB
Dewasa kini stigma negatif yang timbul di masyarakat tentang nuklir memang masih...
Dok. Kalbis Institute

Sesuaikan Kebutuhan Industri, Kalbis Institute Ubah Kurikulum dan Tambah Konsentrasi di Prodi Akuntansi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:30 WIB
Saat ini Program Studi Akuntansi Kalbis Institute memiliki beberapa konsentrasi seperti Accounting & Tax, Auditing, Digital Business...
Dok. Pribadi

Rayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional, Putri Habibie Gelar Kelas Praktik Memasak Ikan Patin 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:12 WIB
Kegiatan itu juga merupakan bagian dari program utama Yayasan Berdaya Putri Habibie yang bertajuk “Pangan Lokal Bergizi”...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya