Minggu 29 November 2020, 11:35 WIB

Selama Pandemi, Kasus Kecanduan Internet Naik 5 Kali Lipat!

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Selama Pandemi, Kasus Kecanduan Internet Naik 5 Kali Lipat!

Antara
Ilustrasi

 

ADIKSI atau kecanduan internet jadi masalah yang sudah tidak asing lagi di masa sekarang, terlebih saat pandemi covid-19. Dokter spesialis kedokteran jiwa dari Siloam Hospitals, dr Kristiana Siste Kurniasanti mengungkapkan peningkatan kasus kecanduan internet bahkan mencapai lima kali lipat.

"Banyak orang yang mulai merasa bosan saat pandemi. Pelariannya ke internet dan gadget. Penggunaannya mulai berlebihan," kata dokter yang akrab dipanggil Siste pada diskusi bertajuk Mari Mengenali Kecanduan Internet yang disiarkan Instagram RSCM Kencana, Jumat (27/11).

Sebelumnya, Siste telah melakukan survey kepada 2.933 remaja dan 4.734 orang dewasa berusia 20-40 tahun di 33 provinsi Indonesia. Hasilnya, tingkat kecanduan internet pada remaja meningkat hingga 19,3% dengan rata-rata durasi bermain internet selama 11,6 jam per hari. Sementara kecanduan pada orang dewasa meningkat dari 3% sebelum pandemi menjadi 14,4% selama pandemi.

Siste mengatakan, jika penggunaan game online lebih dari 10 jam dan 3 jam judi online ada kerentanan untuk menjadi kecanduan. Kecanduan digambarkan sebagai gangguan kontrol impuls, yang tidak melibatkan penggunaan obat yang memabukkan dan sangat mirip dengan gangguan pengendalian diri.

Kecanduan internet digambarkan sebagai gangguan kontrol impuls, yang tidak melibatkan penggunaan obat yang memabukkan dan sangat mirip dengan gangguan pengendalian diri. Sehingga dapat menyebabkan seseorang tidak mampu untuk mengontrol penggunaan internetnya, yang dapat menyebabkan terjadinya masalah psikologis, sosial, dan pekerjaan pada kehidupan individu tersebut.

"Gejala pertamanya, kehilangan kendali. jadi pagi hari sudah main game sampai berjam-jam, durasinya harus panjang dan memprioritaskan dari kegiatan lainnya," ungkapnya. (H-2)

Baca Juga

MI./Dwi Aprinai

Revitalisasi Sungai Sekanak Lambidaro Ditarget Selesai Januari 2022

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:09 WIB
PROGRES revitalisasi Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Sumatera Selatan tercatat sudah mencapai 92...
Antara/Fauzan

Cegah Tertular Varian Covid-19 Omicron, Terapkan Protokol Kesehatan dan Ikut Vaksinasi 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:57 WIB
Reisa menegaskan, pemerintah sendiri sudah melakukan berbagai upaya antisipasi termasuk pemberlakuan pembatasan perjalanan dari...
Ilustrasi

Ada Tiga Bibit Siklon, BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana dan Cuaca Ekstrem 

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:46 WIB
Dwikorita mengungkapkan, siklon tropis teratai diprediksi memiliki kecepatan mencapai 56 km perjam dengan tekanan udara minimum di sekitar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya