Minggu 29 November 2020, 09:20 WIB

Apa Sih Bedanya Osteoporosis dan Osteoarthritis?

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Apa Sih Bedanya Osteoporosis dan Osteoarthritis?

istimewa
Ilustrasi

 

NYERI pada sendi lutut dapat dialami setiap orang, tak hanya usia lanjut tetapi orang dewasa. Hal ini pun sering dikaitkan dengan osteoporosis dan osteoarthritis.

Dokter RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo SpPD dari Divisi Reumatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI / RS Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta pun membeberkan beda keduanya.

Osteoporosis dan osteoarthritis memang dua jenis penyakit tulang yang berbeda. Keduanya memiliki gejala medis yang berbeda, dan didiagnosa serta disembuhkan dengan cara yang berbeda juga.

"Osteoartritis merupakan pengapuran yang terjadi akibat kerusakan pada tulang rawan sendi atau bantalan sendi sedangkan osteoporosis merupakan keropos tulang sehingga mudah patah," kata Suryo dalam webinar bertajuk Pengeroposan Vs Pengapuran Tulang: Apa Bedanya?, pekan lalu.

Ia kemudian memberikan penjelasan perbedaan di antara keduanya. Menurutnya, pengapuran terjadi tulang rawan menipis dan sendinya aus terutama pada seni yang menopang berat badan sehingga gejalaya aka merasakan nyeri pada sendi, terutama bila sendi digerakan, atau adanya sedi berbunyi.

Sedangkan osteoporosis bisa terjadi pada seluruh tulang dengan biasanya tidak menimpulkan gejala atau keluhan tetapi dapat terjadi patah tulang.

Pengeroposan tulang atau osteoporosis biasanya terjadi karena puncak massa tulang rendah seperti berat badan yang rendah, kurang aktivitas fisik di usia muda, da kekurangan kalsium, vitamin D dan protein. Biasanya menurut Suryo disebabkan oleh penuaan.

Osteoporosis tidak bergejala, satu satu cirinya patah tulang atau badan makin bungki, tinggi badan berkurang. Jika osteoporosis terjadi akibat berat badan yang rendah, penyakit ini kebalikannya, yang mana kegemukan menjadi salah satu faktornya di samping penyebab utama lainnya seperti usia tua, cedera pada lutut, reumatik lain dan faktor genetika. (H-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya