Jumat 27 November 2020, 11:31 WIB

PIMNAS Menempa Kecakapan Kreatif dan Daya Saing Mahasiswa

mediaindonesia.com | Humaniora
 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) kembali digelar dan mendapat sambutan hangat dari para mahasiswa di seluruh Indonesia. Acara yang termasuk dalam Program Mahasiswa Kreatif (PMK) ini telah memasuki tahun ke-33 penyelenggaraan dan diadakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.Sebanyak 625 karya dari 101 Universitas berpartisipasi dalam ajang PIMNAS tahun ini.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan kali ini oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun dilaksanakan secara daring, tim mahasiswa pelaksana PKM tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya.Para mahasiswa akan berlomba menampilkan hasil kreasi intelektual mereka dalam bentuk presentasi di kelas secara daring, maupun karya poster di ruang pamer poster.

"Perkembangan dunia yang begitu cepat dan masa depan yang dinamis penuh dengan ketidakpastian, ambigu dan kompleks karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, membuat generasi cerdik cendekia,  mahasiswa Indonesia harus mempersiapkan diri dengan bekal ilmu pengetahuan dan kecakapan diri yang mumpuni," jelas Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi.

Berbagai ajang pengembangan diri dan prestasi mahasiswa, menurut Asep sangat diperlukan untuk melatih kecakapan dan keunggulan mahasiswa agar dapat menghadapi masa depan dengan lebih optimistik. Puspresnas mengambil peran aktif untuk menempa kecakapan kreatif dan daya saing mahasiswa melalui berbagai ajang kompetisi, termasuk lewat ajang PIMNAS. Besar harapan Asep, para peserta bisa mendapatkan pengalaman lain dan menghasilkan ciptaan yang membanggakan. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist

Yayasan Kesehatan Dukung Program Vaksinasi Covid-19 Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:29 WIB
Saat ini fasilitas vaksinasi Covid-19 di Indonesia baru diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menanggulangi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kasus Covid-19 Mingguan di Indonesia Meningkat 27,5%

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:21 WIB
Adapun hari ini, kasus covid-19 di Indonesia tercatat bertambah 10.365 kasus sehingga total kasus menjadi 927.380...
Antara

Wapres: Percepat Evakuasi dan Distribusi Logistik Korban Bencana

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 19:09 WIB
Wapres meminta BNPB, Kementerian Sosial, dan pemerintah daerah mempercepat proses evakuasi korban ke lokasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya