Jumat 27 November 2020, 11:31 WIB

PIMNAS Menempa Kecakapan Kreatif dan Daya Saing Mahasiswa

mediaindonesia.com | Humaniora
 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) kembali digelar dan mendapat sambutan hangat dari para mahasiswa di seluruh Indonesia. Acara yang termasuk dalam Program Mahasiswa Kreatif (PMK) ini telah memasuki tahun ke-33 penyelenggaraan dan diadakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.Sebanyak 625 karya dari 101 Universitas berpartisipasi dalam ajang PIMNAS tahun ini.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan kali ini oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun dilaksanakan secara daring, tim mahasiswa pelaksana PKM tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya.Para mahasiswa akan berlomba menampilkan hasil kreasi intelektual mereka dalam bentuk presentasi di kelas secara daring, maupun karya poster di ruang pamer poster.

"Perkembangan dunia yang begitu cepat dan masa depan yang dinamis penuh dengan ketidakpastian, ambigu dan kompleks karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, membuat generasi cerdik cendekia,  mahasiswa Indonesia harus mempersiapkan diri dengan bekal ilmu pengetahuan dan kecakapan diri yang mumpuni," jelas Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi.

Berbagai ajang pengembangan diri dan prestasi mahasiswa, menurut Asep sangat diperlukan untuk melatih kecakapan dan keunggulan mahasiswa agar dapat menghadapi masa depan dengan lebih optimistik. Puspresnas mengambil peran aktif untuk menempa kecakapan kreatif dan daya saing mahasiswa melalui berbagai ajang kompetisi, termasuk lewat ajang PIMNAS. Besar harapan Asep, para peserta bisa mendapatkan pengalaman lain dan menghasilkan ciptaan yang membanggakan. (RO/OL-10)

Baca Juga

Dok. Tokocrypto

Kolaborasi dengan BenihBaik.com, Tokocrypto Salurkan Bantuan Kepada Tenaga Kesehatan Covid-19 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:53 WIB
Kampanye Lelang Kebaikan tersebut merupakan rangkaian lelang melalui media sosial Tokocrypto yang mengajak para figur publik melelang...
Istimewa

Osteoporosis, Silent Epidemi yang Terabaikan

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:50 WIB
HARI Ostoeporosis Sedunia diperingati setiap 20 Oktober untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit yang menyerang kesehatan tulang pada...
ANTARA/AMER HILABI

Kesthuri Sebut Kerajaan Arab Saudi Siap Terima Jemaah Umrah Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:52 WIB
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia menyampaikan informasi bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah sangat siap menerima umrah dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya