Rabu 25 November 2020, 23:25 WIB

Botol Motif Batik Upaya Lestarikan Budaya Bangsa

mediaindonesia.com | Humaniora
Botol Motif Batik Upaya Lestarikan Budaya Bangsa

Ist
Motif batik yang dikembangkan Iwet Ramadan bersama Pigeon.

 

MESKI pandemi covid-19 di Indonesia membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi sangat terbatas, Pigeon yang merupakan merek produk perlengkapan bayi sudah mendunia tetap terus berkarya dan memberikan kontribusi nyata berkelanjutan bagi negeri tercinta.

Dalam upaya melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia, Pigeon meluncurkan botol motif batik yang senantiasa memiliki filosofi bagaikan doa terbaik orangtua untuk buah hatinya.

Saat kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga mereda, masyarakat khawatir terjangkit oleh virus korona baru yang mematikan. Maka tidak boleh lengah untuk selalu menjalankan protokol pencegahan penularan covid-19, terutama para ibu yang masih menyusui ASI ke bayinya.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan sejak bayi dilahirkan merupakan program pemerintah yang sangat didukung oleh Pigeon. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi dengan nutrisi sempurna untuk pertumbuhan serta melindungi bayi dari bakteri dan penyakit.

Namun pada kondisi tertentu, ibu tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayinya seperti saat ibu sedang bekerja di luar rumah, ibu sedang sakit atau kondisi bayi berkebutuhan khusus seperti bayi lahir prematur dan bayi bibir sumbing.

Hal itu yang melatarbelakangi Pigeon untuk terus berinovasi lebih dari 60 tahun dan melakukan penelitian mengenai perilaku menyusu ASI pada bayi di Pusat Riset ‘Joso Laboratory’ di Jepang.

Pigeon juga bekerja sama dengan para dokter anak dari berbagai universitas terkemuka untuk merancang produk botol dan dot berkualitas sebagai alternatif dan solusi agar ibu tetap dapat memberikan ASI kepada bayinya pada berbagai kondisi.

"Semua produk botol Pigeon dikembangkan dengan bahan BPA Free dan tinta Food Contact Grade. Begitu juga dengan botol motif batik, sehingga sesuai digunakan untuk wadah makanan bayi," papar Anis Dwinastiti, General Manager Marketing Division Pigeon, dalam keterangannya, Selasa (24/11).

Adapun perihal kontribusi nyata Pigeon dalam melestarikan kebudayaan dan warisan nenek moyang yaitu batik telah dibuktikan dengan memperkenalkan inovasi produk botol motif batik sejak 2014 lalu. Tak hanya produk botol motif batik, pada 2016, Pigeon juga mempersembahkan kain batik cap bermotif kupu-kupu dan bangau serta kain batik tulis bermotif kupu-kupu dan parang di 2017 yang melengkapi koleksi produk botol bermotif batiknya.


Baca juga: Ketahui Kebenaran Hilangnya Nyeri Haid Usai Hamil


Dan di tahun ini merupakan tahun ketujuh Pigeon kembali memperlihatkan komitmen dan kontribusi dalam melestarikan batik dengan mengembangkan botol motif batik yang berkolaborasi dengan desainer batik berbakat Iwet Ramadhan.

Bersama dengan Iwet, Pigeon sejak awal memperkenalkan koleksi pertama botol batiknya. Kolaborasi berkelanjutan itu disebabkan adanya kesamaan prinsip untuk mengembangkan produk berkualitas dan melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa.

Meski saat pandemi, Pigeon dan Iwet tidak terkendala untuk terus berkarya dengan memperkenalkan botol motif batik yang kali ini terdapat 4 motif yaitu padma sebagai simbol kesucian dan kemurnian, bangau sebagai simbol kebahagiaan, kupu-kupu sebagai simbol cinta abadi, dan awan sebagai simbol kebahagiaan dan harapan.

Iwet dan Pigeon akan terus menciptakan motif-motif batik yang indah dengan filosofi di dalamnya untuk diperkenalkan oleh orangtua kepada generasi penerus bangsa. Setiap motif batik pada botol Pigeon dikembangkan tak semata demi hal keindahan, tetapi juga memiliki filosofi bagaikan doa terbaik orangtua untuk pertumbuhan buah hatinya.

Sama seperti dedikasi Pigeon kepada para ibu dan bayi dengan terus mengembangkan produk berkualitas agar dapat memenuhi kebutuhan pada ibu dalam mengasuh buah hatinya agar dapat tumbuh dengan baik. (RO/S-2)

Baca Juga

Dok Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara (USU).

Mahasiswa Bangun Sinergi Wujudkan Visi Indonesia Emas Jokowi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:39 WIB
Perlu adanya peran aktif dari generasi muda terutama mahasiswa untuk merealisasikan visi besar Presiden Jokowi...
MI/Dok Kemenkominfo

Indonesia Sambut Baik Dukungan Vaksin dari Pemerintah Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:30 WIB
Kerja sama ini merefleksikan dekatnya persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang, yang terbukti terus berkembang, bahkan di...
dok.ant

Bayi Orangutan ke-100 Lahir di Suaka Margasatwa Lamandau

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:25 WIB
SEEKOR bayi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) lahir di Suaka Margasatwa Lamandau (SML), Kalimantan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya