Jumat 20 November 2020, 13:40 WIB

Rentan Tertular Covid, BNPB Minta Protokol Pengungsian Diperketat

Zubaedah Hanum | Humaniora
Rentan Tertular Covid, BNPB Minta Protokol Pengungsian Diperketat

BNPB
Kepala BNPB Doni Monardo di lokasi pengungsian Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah.

 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan kepada seluruh komponen yang bergerak dalam penanganan pengungsi Gunung Merapi, termasuk para masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Doni Monardo saat melakukan peninjauan lokasi pengungsian di TPPS Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/11), dikutip dari laman resmi BNPB.

“Kami berharap seluruh hal yang berhubungan dengan protokol kesehatan, khususnya penanganan di wilayah ini betul-betul mendapatkan perhatian yang serius,” kata Doni.

Adapun protokol kesehatan menjadi penting, sebab di lokasi pengungsian juga memiliki potensi yang besar terjadinya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19.

Selain itu, Doni juga meminta agar seluruh pihak dari luar pengungsian agar mematuhi aturan protokol kesehatan yang sama apabila hendak berkunjung ke lokasi pengungsian. Sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar, maka penularan dapat dicegah.

Menurutnya, para pengungsi punya risiko yang tinggi untuk terpapar covid-19, apabila ada orang dari luar yang positif. Mengingat tempatnya juga relatif terbatas. Oleh karenanya kita harapkan seluruh pihak yang berkunjung ke tempat-tempat pengungsian harus mematuhi ketentuan yang telah diberikan oleh pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak (3 M).

Dalam peninjauan yang didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin beserta jajaran tersebut, Doni melihat bahwa warga pengungsian lebih banyak dari mereka yang termasuk dalam kelompok rentan, seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, difabel hingga anak-anak.

“Bagi masayarakat yang kelompok rentan diharapkan untuk betul-betul bisa dilindungi. Untuk mereka yang lansia, punya masalah kesehatan, difabel, balita, ibu hamil dan menyusui ini mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh,” kata Doni.

Seusai melakukan peninjauan tempat pengungsi Gunung Merapi di TPPS Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Kepala BNPB beserta rombongan kemudian beranjak menuju lokasi pengungsian berikutnya di Tempat Evakuasi Pengungsian Deyangan di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (H-2)

 

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

Guru Rizieq Shihab, Habib Ali Assegaf Meninggal Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:35 WIB
Habib Ali Assegaf dengan gigih membimbing masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk tetap berpegang pada akidah ahlussunnah wal...
MI/Pius Erlangga

Hai Calon Mahasiswa Baru, ini Jadwal Menuju SNMPTN

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:01 WIB
Pada jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri untuk Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) terdapat dua...
AFP/Natalia KOLESNIKOVA

Meski Ada Vaksin, Pelacakan Kasus Covid-19 Harus Terus Optimal

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 15 Januari 2021, 19:08 WIB
Adanya program vaksinasi tidak menggantikan peran penelusuran kasus dan isolasi karantina. Karena vaksin hanya salah satu strategi dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya