Kamis 12 November 2020, 16:58 WIB

Pemerintah Buka Peluang Kerja Sama dengan Pfizer

Andhika Prasetyo | Humaniora
Pemerintah Buka Peluang Kerja Sama dengan Pfizer

AFP/Kena Betancur
.

 

PEMERINTAH tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan kerja sama dengan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech dalam upaya pengadaan vaksin covid-19. Pasalnya, vaksin buatan dua perusahaan besar dunia itu dianggap memiliki tingkat efektivitas hingga 90% dalam mencegah covid-19.

“Saya pikir peluang ada. Semua bisa menjadi pertimbangan,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko kepada wartawan, Kamis (12/11).

Kendati demikian, Moeldoko menjelaskan bahwa pemerintah tidak hanya melihat vaksin dari tingkat efektivitasnya. Faktor lain yang juga menjadi pertimbangan utama yaitu keamanan dan kecocokan vaksin di lingkungan Tanah Air.

"Indonesia memiliki temperatur suhu yang cukup tinggi sehingga vaksin-vaksin tertentu pasti akan mengalami kesulitan saat didistribusikan. Itu bisa jadi masalah tersendiri," jelasnya.

Karena itu, ia menegaskan bahwa untuk saat ini prioritas pemerintah masih pada kerja sama pengembangan Sinovac dan Sinopharm yang selama ini sudah menunjukkan tanda-tanda yang baik.

“Yang pasti orientasi pertama Sinovac dan Sinopharm. Tapi kami tidak menutup kemungkinan vaksin lain,” kata Moeldoko. (OL-14)

Baca Juga

 Ina FASSBENDER / AFP

Pfizer Siapkan 40 Juta Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 13:32 WIB
Perusahaan farmasi Pfizer akan memberikan hingga 40 juta dosis vaksin covid-19 untuk negara-negara miskin tanpa mendapatkan...
ANTARA/Oky Lukmansyah

Harus Ada Sanksi Tegas Pelaku Intoleransi di Satuan Pendidikan

👤Humaniora 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 13:20 WIB
Sekolah tidak boleh membuat peraturan atau imbauan bagi peserta didik untuk menggunakan model pakaian kekhususan agama tertentu sebagai...
 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Bio Farma Sudah Produksi 4 Juta Dosis Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 13:07 WIB
Bio Farma meneruskan proses produksi dari bahan baku tersebut menjadi final product. Hingga Bio Farma sudah memproduksi sebanyak 4 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya