Rabu 21 Oktober 2020, 16:09 WIB

Empat Jurus Pelindung Mata saat Pandemi

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Empat Jurus Pelindung Mata saat Pandemi

ANTARA/Fakhri Hermansyah
.

 

PANDEMI covid-19 membuat sebagian besar masyarakat bekerja maupun belajar dari rumah secara daring. Kondisi tersebut membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, laptop, ataupun gadget.

Padahal, menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan mata cepat lelah, kering, bahkan terasa nyeri. Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Tri Winarti merekomendasikan empat hal yang harus dilakukan masyarakat.

1. Terapkan metode 20-20-20

Caranya, setiap 20 menit alihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Dengan cara ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada mata karena menatap layar.

“Jadi, setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat reminder seperti catatan yang ditempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” kata Tri dalam pernyataan tertulis, Rabu (21/10).

2. Atur tingkat kecerahan pada layar

Tri menuturkan, kecerahan pada layar sebaiknya diatur dengan tepat, tidak terlalu terang maupun terlalu gelap.

“Pencahayaan sebaiknya jangan teralu terang atau terlalu redup. Atur kecerahan layar agar nyaman saat digunakan, misalnya pada tingkat 50 persen,” jelasnya.

3. Aturan cahaya pada ruangan

Pastikan ruangan yang digunakan memiliki pencahayaan yang baik.

4. Atur kecepatan angin

Tri berpesan agar kecepatan angin (fan speed) pada AC atau kipas angin tidak terlalu kencang. Hindari posisi hembusan angin ke arah wajah supaya mata tidak kering. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/NOVA WAHYUDI

Survei: Iuran BPJS Sejalan Naik, Kepuasan Peserta Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:25 WIB
Indeks kepuasan peserta ini mengacu pada top two boxes, di mana hasil survei diambil dari jumlah peserta yang menyatakan puas dan sangat...
Antara/Galih Pradipta

Presiden: Pastikan Kebijakan Penyandang Disabilitas Berjalan Baik

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:03 WIB
Jokowi menekankan tidak boleh ada penyandang disabilitas yang tertinggal dari program layanan pemerintah. Kaum disabilitas memiliki hak...
ANTARA/Kornelis Kaha

Aktivitas Vulkanik Gunung Ile Lewotolok Masih Terus Terjadi

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:45 WIB
Erupsi gunung dengan ketinggian 1.623 meter di atas permukaan laut, terekam di seismogram dengan amplitude 5 mm dan berdurasi 25...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya