Senin 07 September 2020, 12:14 WIB

Masyarakat Diminta Waspada Klaster Kantor dan Keluarga

Nur Azizah | Humaniora
Masyarakat Diminta Waspada Klaster Kantor dan Keluarga

ANTARA/Aji Styawan
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di komplek Balai Kota Semarang setelah 20 ASN dinyatakan positif covid-19.

 

PRESIDEN Joko Widodo mewanti-wanti masyarakat agar mewaspadai klaster keluarga dan kantor. Dua klaster itu berpotensi menularkan covid-19.

"Perlu saya sampaikan, hati-hati yang namanya klaster kantor. Yang kedua, klaster keluarga. Ini harus selalu diingatkan," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/9).

Jokowi menyebut petugas dan masyarakat selalu fokus pada penularan di tempat-tempat umum. Seperti, pasar, sekolah, dan transportasi pubik.

Baca juga: Jokowi Minta Pengujian Covid-19 Merata

"Tapi kita lupa bahwa sekarang kita harus hati-hati di klsster yang tadi saya sampaikan, kluster keluarga. Karena di rumah kita sudah merasa aman. Justru di situlah, yang kita harus hati-hati," ujarnya.

Karena itu, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tidak lupa mematuhi protokol kesehatan. Ini penting untuk menghindari covid-19.

Satgas Penanganan Covid-19 bersama Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan protokol kesehatan yang harus diterapkan di perkantoran. Beberapa di antaranya ialah membentuk tim Satgas Covid-19 di internal perkantoran dan pembatasan jumlah pekerja paling banyak 50%.

Kemudian, penyesuaian hari kerja, jam kerja, shift kerja, dan sistem kerja melalui pengaturan jam kerja dengan jeda minimal tiga jam. Lalu, membuat aturan khusus terkait penggunaan fasilitas pekerja dan mewajibkan seluruh pekerja dan tamu atau pengunjung menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/BRIYANBODO HENDRO

Pendidik Abai Nilai Kebangsaan, Pembangunan Karakter Terancam

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:49 WIB
Kebijakan wajib berbusana muslimah di sekolah umum di Padang membuka mata bahwa di kalangan para pendidik masih ada yang abai terhadap...
BMKG

BMKG: Waspadai Hujan Ekstrem Berturut-turut di NTB dan Jatim

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:25 WIB
Hujan ekstrem tersebut sangat berpotensi menimbulkan bencana...
Badan POM

Badan POM Take Down Penjual Produk Lianhua Palsu via Daring

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:15 WIB
Produk Lianhua Qingwen Capsules resmi di Indonesia terdaftar dengan Nomor Izin Edar (NIE) TI144348471 dan pemilik atas nama PT Intra...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya